Friday, 29 March 2024
HomeBeritaWabah Flu H3N2 Tewaskan 30 Anak di AS

Wabah Flu H3N2 Tewaskan 30 Anak di AS

BOGOR DAILY- sedang melanda berbagai negara, salah satunya . Dilaporkan oleh Centers for Disease Control and Prevention, telah menyebar di 49 negara bagian kecuali Hawaii.

Virus flu yang paling dominan adalah influenza A atau yang disebut juga flu Australia. ini juga merambah dengan data terbaru per tanggal 7-10 Januari telah menyebabkan kematian 30 anak di .

Sebelumnya pada tanggal 6 Januari 2018, dilaporkan ada 20 orang anak yang meninggal karena flu ini. Namun bertambahnya waktu, flu ini justru menambah korban lagi.

Saat ini dilaporkan terdapat 74.562 kasus flu yang menyerang, tapi menurut CDC angka tersebut belum mencakup semua korban karena ada banya orang yang tidak memeriksakan diri ke dokter.

“Mudah-mudahan kita berada di puncak sekarang, tapi sampai kita melihatnya turun selama beberapa minggu. Kita tidak akan tahu bahwa kita telah mencapai puncak atau belum,” ujar Kepala Tim Surveilans Flu CDC, Lynnette Brammer, seperti dikutip dari New York Post.

Direktur CDC , Dr Brenda Fitzgerald, mengatakan salah satu penyebab tingginya angka rawat inap dan meninggal pada musim flu kali ini adalah efektivitas vaksin yang rendah. Hal ini dikarenakan mutasi yang terjadi pada virus influenza A cukup rumit.

Dengan bertambahnya korban, maka Brammer menganjurkan untuk setiap orang mendapatkan vaksinasi flu jika mereka belum mendapatkannya. Ia juga menambahkan bisa saja terjadi wabah gelombang kedua setelah gelombang pertama mencapai puncak.