Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorBNN Resmikan Lab Narkotika Taraf Internasional di Cigombong

BNN Resmikan Lab Narkotika Taraf Internasional di Cigombong

BOGOR DAILY- Badan Narkotika Nasional () kini memiliki pusat laboratorium narkotika bertaraf internasional. Fasilitas ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Laboratorium dibangun khusus untuk meneliti perkembangan penyalahgunaan narkoba yang sedang marak. Kepala Komjen Pol Budi Waseso meresmikan labotarium yang terletak di Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ia menjelaskan Laboratorium tersebut dilengkapi dengan DNA analysis dan NMR. Fasilitas ini nantinya dijadikan tempat untuk melakukan penelitian perkembangan trend penyalahgunaan narkotika secara global. Keberadaannya dibutuhkan seiring perkembangan narkotika jenis baru (New Psyhoactive Subtance) di dunia terus meningkat.

“Karenanya penelitian terkait hal ini juga harus ikut berkembang,” kata pria yang akrab disapa Buwas usai meresmikan Pusat Laboratorium Narkotika di Cigombong, Bogor, Kamis (22/2/2018).

Selain laboratorium, juga kini memiliki Unit Deteksi K9. Unit K9 ini merupakan pasukan anjing pelacak yang bertugas membantu dalam mengungkap tindak pidana narkotika.

Setidaknya ada 47 ekor anjing pelacak, 20 ekor merupakan jenis German Shepherd, 10 ekor jenis Belgian Malinois, 12 ekor Labrador, dan 5 ekor jenis Beagle.

Unit deteksi ini juga memiliki klinik dan farmasi terdiri 3 kennel rawat inap, ruang operasi, 4 dokter, 4 orang paramedis, serta ruang pemeriksaan yang dilengkapi dengan alat-alat kesehatan canggih.

“Kami berharap adanya fasilitas upaya bisa menekan angka penyalahgunaan narkotika di Indonesia. Tentunya hal ini juga harus didukung masyarakat,” pungkas

SUMBER: liputan6.com