Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalJadi Tersangka, Zumi Zola Sudah Dicekal ke Luar Negeri

Jadi Tersangka, Zumi Zola Sudah Dicekal ke Luar Negeri

BOGOR DAILY-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerbitkan surat permintaan pencegahan ke luar negeri terhadap Gubernur Jambi, . Dalam surat ditujukan kepada pihak Imigrasi, ternyata status sudah sebagai tersangka.

“Tanggal 25 Januari 2018 kita sudah menerima surat permintaan perintah pencegahan atas nama beliau () dari KPK terkait kasus korupsi dan menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi. Kemudian dalam surat itu juga disebutkan status beliau sebagai tersangka,” kata Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno, Kamis (1/2/2018).

Namun, dia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut status tersangka . Pihak Imigrasi, sambung dia, hanya menindaklanjuti surat permintaan pencegahan ke luar negeri dari KPK itu dengan menarik paspor .

“Di suratnya disebutkan seperti itu. Kalau status tersangka itu yang berwenang memberikan keterangan kan KPK,” tutur Agung.

Pihak Imigrasi menerima surat permintaan pencegahan ke luar negeri dari KPK pada 25 Januari 2018. Terhitung sejak surat pencegahan itu diterbitkan dicegah ke luar negeri selama enam bulan terkait kapasitas yang diperlukan dalam proses penyidikan kasus korupsi menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi.

“Periode pencegahan berlaku untuk enam bulan ke depan sejak surat keputusan ke luar negeri diterbitkan oleh KPK pada tanggal 25 Januari lalu,” kata Agung.

Sebelumnya, KPK belum mengatakan telah menetapkan  sebagai tersangka. KPK mengaku belum menetapkannya sebagai tersangka karena tidak ingin buru-buru. Walaupun, sinyal kuat KPK akan menetapkan sebagai tersangka diungkapkan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

“Pokoknya ada perkembangan yang signifikan,” kata Saut di gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu.

Saut menyatakan, penggeledahan yang dilakukan tim penindakan KPK di rumah dinas Zumi Zola karena proses kasus terkait orang nomor satu di Jambi itu sudah masuk dalam tahap penyidikan.

“Kalau geledah kan sudah tahap penyidikan,” terang Saut.

Lalu, kapan KPK akan mengumumkan perkembangan soal status Zumi Zola? “Nanti kalian tunggu saja,” kata Saut.