Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPep Guardiola Kena Sanksi FA, Ini Gara-garanya

Pep Guardiola Kena Sanksi FA, Ini Gara-garanya

BOGOR DAILY-Olahraga memang pantang jadi komoditas politik, apalagi sepak bola. Meski kerap sulit dihindarkan. Bahkan di beberapa negara sepak bola bisa jadi alat politik untuk mencari dukungan pebulik.
Seperti mantan pemai sepak bola George Weah akhirnya terpilih menjadi Presiden Liberia. Weah jelas menggunakan nama besarnya di sepak bola untuk meraih suara.

Tidak hanya itu saja, bahkan di Spanyol banyak pesepak bola banyak yang secara tidak langsung terjerat politik terutama ketika Cataluna ingin merdeka dari negara matador itu.

Ada Gerard Pique dan yang terang-terangan mendukung Cataluna merdeka. Dan hal itu juga dibawa Pep saat jadi pelatih Manchester City di Liga Inggris.

Oleh karena itu mantan pelatih Barcelona itu harus menghadapi dakwaan dari Federasi Sepakbola Inggris (FA) atas pita kuning yang dikenakannya dalam aktivitas bersama Manchester City sejak 21 November.

Pita kuning tersebut dipasang sebagai bentuk solidaritas kepada Jordi Sanchez dan Jordi Cuixart, dua orang yang ditahan aparat keamanan Spanyol setelah kejadian bentrok dalam proses referendum kemerdekaan Catalunya pada Oktober lalu.

Aksi itu mendapat respons keras dari FA, yang memang tak mengizinkan adanya bentuk kampanye politik di ranah sepakbola mereka.
telah didakwa atas pemakaian simbol politis, secara khususnya penggunaan pita kuning, yang melanggar aturan FA dan juga regulasi periklanan,” demikian keterangan resmi FA.

“Ia memiliki waktu hingga pukul 6 petang Senin, 5 Maret mendatang untuk memberikan respons atas dakwaan tersebut.” (b)