Friday, 29 March 2024
HomeKota Bogor1.500 Lowongan Kerja Terbuka Lebar di Bogor

1.500 Lowongan Kerja Terbuka Lebar di Bogor

BOGOR DAILY -Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor kembali menyelenggarakan Ekspo.

Menurut rencana, kegiatan tersebut akan berlangsung pada 9 sampai 10 Agustus mendatang dididi Bogor Trade Mall (BTM).

Tersedia lebih dari 1.500 lowongan yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Seluruhnya berasal dari 30 perusahaan berskala nasional maupun lokal.

Menurut Kepala Disnakertrans Kota Bogor, Samson Purba, SE.MM, kegiatan ini merupakan amanat UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 39 Tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja.

“Berdasarkan UU dan peraturan menteri tersebut, setiap pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota diminta untuk menyelenggarakan setiap tahun,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan upaya menyerap tenaga kerja dengan cara yang relatif lebih mudah, efisien dan efektif. Sekaligus dilaksanakan untuk menekan angka pertumbuhan jumlah pengangguran.

Sejauh ini yang sudah berlangsung di Kota Bogor telah berpengaruh terhadap menurunnya jumlah pengangguran di Kota Bogor.

Informasi BPS Sakernas dan Pusdatin Kemenker RI menyebutkan, tingkat pengangguran terbuka di Kota Bogor pada tahun 2017 menurun 1,51% dibanding tahun 2015.

Pada tahun 2015, jumlah pengangguran terbuka di Kota Bogor mencapai 49.942 orang dan tahun 2017 turun menjadi 47.438 orang.

Sementara itu jumlah pencari kerja tahun 2017 yang terdata di Disnakertrans Kota Bogor mencapai 3.907 orang dan di tahun 2018 sampai dengan Juni telah tercatat 1.909 orang.

Sedangkan jumlah pencari kerja yang telah ditempatkan pada tahun 2016 mencapai 1.145 orang dan di tahun 2017 meningkat menjadi 2.669 orang.

Menurut Samson, penurunan jumlah pengangguran di Kota Bogor dikarenakan kondisi perekonomian di Kota Bogor dalam beberapa tahun terakhir cukup baik. Dalam kondisi seperti itu, “Permintaan terhadap tenaga kerja atau angkatan kerja produktif menjadi naik,” paparnya.

Sektor perdagangan dan jasa kemasyarakatan menjadi sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Kota Bogor.

“Kedepan beberapa sektor yang diprediksi masih bisa bertahan dan menyerap banyak tenaga kerja akan dimaksimalkan,” lanjut Samson yang juga mengingatkan para pencari kerja agar terus meningkatkan kapasitas diri untuk bisa memiliki daya saing yang tinggi.

Bagi pencari kerja yang akan mengunjungi tersebut, dipersilakan untuk terlebih dahulu melakukan pendaftaran untuk mendapatkan tiket gratis.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan membuka Web atau Facebook Disnakertrans  Kota Bogor. Cara ini diperlukan untuk menghindari, mencegah dan meminimalisir praktek penipuan yang mengatasnamakan Disnakertrans Kota Bogor maupun perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.