Friday, 29 March 2024
HomeBeritaDokter Nyatakan Nining Positif Depresi

Dokter Nyatakan Nining Positif Depresi

BOGOR DAILY-Dokter spesialis kejiwaan memvonis Sunarsih (52) perempuan yang dikabarkan hilang tenggelam 1,5 tahun lalu itu mengalami depresi berat dan gangguan psikosis. Hal itu masuk kategori gangguan kejiwaan.

“Kondisi depresi berat dan gangguan psikosis masuk ke ranah gangguan kejiwaan. Bagaimana bisa seperti itu? Kami melihatnya sisi logis berdasarkan medis, bukan sisi alam gaib seperti ramai di luaran,” tutur dokter spesialis jiwa RSUD R Syamsudin, Tommy Hermansyah di RSUD R Syamsudin, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/7/2018).

“Kondisi depresi berat bisa terjadi ketika orang dalam tekanan keadaan. Kalau menurut saya bila informasi benar ibu ini hilang 1,5 tahun, bu ini berhasil survive lalu terdampar di suatu tempat. Selama itu dia makan sendiri, ngomong sendiri dan lain sebagainya,” tutur Tommy menambahkan

bikin geger. Perempuan tersebut dilaporkan hilang akibat tenggelam di laut Pelabuhanratu Sukabumi pada Januari 2017. Setelah 1,5 tahun kemudian, pulang diantar keluarganya. Pihak keluarga mengaku menemukan dalam keadaan selamat di Palabuhanratu, Minggu 1 Juli 2018. Keluarga menyebut busana yang dipakai masih sama saat dikabarkan tenggelam.

Cerita hilangnya selama ini masih menjadi misteri. Polisi turun tangan menyelidiki kisah tersebut.Tommy mengaku pernah menangani orang yang kondisinya sama seperti . Bedanya, sebelum menjalani pengobatan, orang tersebut mendapat kekerasan dari lingkungannya lalu kabur ke hutan selama empat tahun.

“Pasien masuk dalam keadaan depresi berat, setelah menjalani perawatan akhirnya dia pulih dan bisa menceritakan apa yang dia alami selama empat tahun tersebut. Nah kami berharap kondisi serupa yang terjadi pada Bu , beliau pulih dan bisa menceritakan kisah yang sebenarnya,” ujar Tommy.

Selain cerita bertahan hidup di suatu tempat, kemungkinan lain yang bisa mengakibatkan depresi berat adalah tekanan pekerjaan. Jika seseorang bekerja di suatu tempat kemudian mendapat tekanan secara berulang maka bisa mengalami gejala yang sama.

“Gejala depresi berat itu beragam, ada yang ringan, sedang dan berat. Seperti yang tadi saya ungkap, ada yang bisa sembuh dari awalnya diam saja kemudian bisa berkomunikasi dan mengenali kembali lingkungannya,” katanya.

Tommy memastikan dalam kondisi sehat sebelum mengalami kejadian tersebut, hal ini berdasarkan kepada catatan riwayat medis yang ada di rumah sakit.

“Tidak ada catatan beliau pernah dirawat soal gangguan kejiwaan,” ucap Tommy.