Friday, 29 March 2024
HomeNasionalViral, Pemain Malaysia Unggah Bendera Indoensia Terbalik

Viral, Pemain Malaysia Unggah Bendera Indoensia Terbalik

BOGOR DAILY – Seorang pemain Timnas U-16 Malaysia berinisial AAH melakukan hal yang menyulut emosi warganet Indonesia jelang berlaga di Piala AFF U-16.

AAH yang hendak berangkat ke Surabaya untuk melakoni Piala AFF U-16 mengunggah foto di Instagram pribadinya dengan gambar bendera Indonesia terbalik. Lewat Instastory miliknya, AAH mengunggah foto seluruh skuad timnas U-16 Malaysia yang akan bertolak ke Surabaya.

“Doakan kami di (Piala) AFF U-16,” tulis sang pemain dengan bendera Malaysia di bagian atas foto. “Siap terbang ke Indonesia (dengan menempelkan bendera Polandia),” tulisnya di bagian bawah foto.

Pemain muda Malaysia, A, memasang bendera Indonesia terbalik pada Instastory miliknya jelang mengikuti Piala AFF U-16. (DOK. INSTAGRAM) Foto itu kemudian tersebar dan . Warganet Indonesia kemudian berang dengan unggahan sang pemain.

Tidak diketahui apakah AAH melakukan kesengajaan atau tidak dengan mengunggah foto bendera Merah-Putih terbalik. Namun, Instastory tersebut langsung dihapus olehnya. Dari unggahan terbaru di Instagram, Timnas U-16 Malaysia sudah tiba di Bandara Juanda, Surabaya, Jumat (27/7/2018). Timnas U-16 Malaysia akan tergabung di Grup B bersama Thailand, Singapura, Brunei, dan Laos.

Mereka memainkan laga pertama melawan Laos, 30 Juli. Tensi tinggi Indonesia vs Malaysia Pemasangan bendera Indonesia terbalik juga terjadi pada SEA Games 2017 di Malaysia. Buku suvenir spesial yang memuat sejarah SEA Games dibagikan kepada tamu undangan, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, dalam acara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/8/2017).

Di halaman 80 dalam buku tersebut, ada bendera negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Bendera Indonesia, yang seharusnya merah putih, tercetak putih merah.

Kesalahan cetak hanya terjadi pada bendera Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar. Khusus di sepak bola, tensi panas rivalitas Indonesia dan Malaysia terjadi pada Piala AFF U-19 di Sidoarjo, pertengahan Juli lalu.

Ada kejadian tidak mengenakkan menimpa timnas U-19 Malaysia di Sidoarjo pada Piala AFF U-19, 12 Juli lalu. Ketika itu, timnas U-19 Indonesia kalah di semifinal dari Malaysia. Seusai laga, oknum suporter di Stadion Gelora Delta Sidoarjo mengamuk dan melempar benda-benda ke arah para yang masih ada di lapangan. Kejadian itu menjadi perbincangan panas di Malaysia.