Bupati Bogor Usulkan Kecamatan Caringin menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bidang Parawisata

 

BOGORDAILY – Bupati Bogor, Ade Yasin berencana melakukan peningkatan infrastruktur jalan Desa di Kabupaten Bogor. Melaui akses yang memadai, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga mendukung brand Bogor The City Of Sport and Tourism. Kunjungan wisatawan akan meningkat dan berimbas pada meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar.

“Kan lokasi wisata di Kabupaten Bogor ini banyak di pegunungunan. Jalan ya jalan desa. Tapi kondisinya masih jeblok. Harus diinisiasi pembangunannya. Ditingkatkan. Ingat Rp1 miliar itu hanya untuk jalan desa saja. Sumber lain dari ADD dan DD masih akan tetap ada. Sekarang saya sedang dorong TAPD supaya mulai dialokasikan mulai 2020,” tegasnya saat Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Caringin, bertempat di Hotel Kinasih, pada Rabu (10/7).

Khusus di Caringin menurut Ade Yasin potensi pariwisata dari wahana rafting (arung jeram) cukup tinggi. Namun, belum memiliki akses yang baik. Selain itu, pemerintah juga bertanggung jawab untuk keselamatan pengungjung rafting.

“Ada lebih dari 10 di Caringin ini. Nah, ini aksesnya perlu ditingkatkan. Kalau jumlah wisatawannya meningkat, pelaku UKM juga jadi sejahtera dan masyarakat ikut sejahtera juga. Tapi, karena sungai tidak terduga, setiap pengunjung harus diasuransikan,” tegasnya.

Ade Yasin juga mengatakan akan mengusulkan Kecamatan Caringin menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bidang parawisata hingga berdampak positif ke masyarakat sekitar.

“Saya tak menginginkan Kecamatan Caringin ini menjadi area tambang batu, tanah ataupun air hingga saya akan mengusulkan ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menjadikan wilayah Caringin dengan Kecamatan Cigombong menjadi KEK Parawisata dan budaya,” katanya

Ia menerangkan untuk mendukung KEK di bidang parawisata dan budaya tersebut maka aparatur dan  masyarakat harus menjaga kondisi kekayaan alamnya, termasuk keberadaan Sungai Cisadane.

“Kita harus menjaga kekayaan atau konservasi alam seperti halnya usaha arung jeram maka kondisi Sungai Cisadane juga harus bersih, Sungai Cisadane, sawah dan hutan ini akan menjadi penunjang berkembangnya bidang parawisata,” terangnya.

Sebelum menuju lokasi Rebo Keliling Bupati Bogor berkesempatan meresmikan masjid Al Mukhlisin yang merupakan masjid Raya di Kecamatan Caringin.  (andi/diskominfo kabupaten bogor/yanti komalasari/universitas pakuan bogor/fadila putri/universitas ipb bogor/bdn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *