Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten Bogor334 BUMDes dari 416 Desa di Kabupaten Bogor Sudah Terbentuk

334 BUMDes dari 416 Desa di Kabupaten Bogor Sudah Terbentuk

BOGORDAILY – Bupati Bogor, Ade Yasin menjadi Narasumber Pada acara Parade Riset Akutansi (PRA) 4 yang diadakan oleh IAI Wilayah Jawa Barat yang bekerjasama dengan IAI-KAPd (Ikatan Akuntan Indonesia – Kompartemen Akuntan Pendidikan) serta Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Pada kesempatan ini, Ade Yasin memaparkan tentang Kemitraan Pemerintah Kabupaten Bogor dan Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Daerah serta menjelaskan potensi yang ada di Kabupaten Bogor.

“Berbicara tentang pembangunan daerah, hal yang mendasar utamanya melalui desa, potensi di desa itu sangat banyak dan bervariasi, berbicara desa erat kaitannya dengan BUM Des, di Kabupaten Bogor sendiri sudah terbentuk 334 BUM Des dari 416 desa, BUM Des sendiri mempunyai  4 Kategori diantaranya 322 BUM Des Dasar, 11 BUM Des Berkembang, 2 BUM Des Maju dan 0 BUM Des Mandiri,” ujar Ade Yasin saat menjadi narasumber Parade Riset Akutandi (PRA) di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor, Kamis (31/10/19).

Ia pun menambahkan, ada beberapa BUM Des di Kabupaten Bogor yang menjadi percontohan. “Dari sekian banyak BUM Des yang ada di Kabupaten Bogor, ada 2 BUM Des yang maju dan menjadi percontohan di kementerian, yang pertama BUM Des Bojong Kulur dan Kedua BUM Des Sukamanah, tentunya ini sangat membanggakan bagi Kabupaten Bogor dan kedepannya peran dari BUM Des harus lebih meningkat,” tambahnya.

Ade pun mejelaskan, permasalahan utama adalah faktor SDM yang masih kurang mumpuni. “Saya ingin disetiap desa itu kan ada BUM Des, tapi perlu kita pahami dalam membentuk BUM Des masih banyak persoalan yang kita hadapi mulai dari sumber daya manusia (SDM), besaran anggaran yang dialokasikan yang kurang maksimal, penentuan jenis usaha yang tanpa melalui uji kelayakan usaha, belum lagi ketika BUM Des sudah terbentuk dan ada pergantian kepala desa, terkadang susunan keanggotaan BUM Des itu juga berganti dan harus kembali lagi dari awal,” jelas Ade Yasin.

Disisi lain, BUM Des yang sudah terbentuk sudah mempunyai Mitra usaha. “Mitra usaha BUM Des kita selain Unpak ada IAIN La Roiba Leuwiliang, Bank BNI, Bank BRI, Bank BJB, Bank Arta Graha, PT. LEU Mart, PT. Astra Tbk, PT. Indofood dan PT. Indocement Tbk,” pungkasnya. (Derima / Parman / Diskominfo)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here