Banyak Arsitek yang Mau Nyulap Kalijodo

  • Whatsapp

‘Taman Kalijodo’ atau ‘Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo’, itulah nama yang dipilih

Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) rencananya akan memberinama ‘Taman Kalijodo’ atau ‘Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo’, untuk mewujudkan kawasan Kalijodo yang baru. Tak disangka Banyak arsitek byang menyumbangkan ide untuk membangun taman itu.

“Banyak arsitek mau menyumbang desain, ada 10 orang,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (29/2).

Nantinya, nama arsitek yang ikut merancang taman itu bisa dicantumkan di bangunan. Ahok sudah mengantongi desainnya.

“Desain toilet juga sudah ada bagus. 10 Arsitek mau menyumbang. Cuma tempelin namanya saja, desainnya oleh siapa,” kata Ahok.

Taman Kalijodo akan dibikin layaknya RPTRA yang sudah ada. Hanya saja ukurannya lebih besar. Di situ akan dibangun lapangan olah raga, taman, bangunan rumah, dan musala.

“Jujur saja. Sebetulnya saya sudah punya desainnya,” ujar Ahok.

Dana pembangunan dari swasta bukan berasal dari program corporate social reponsibility (CSR), melainkan dari sumbangan peningkatan koefisien luas bangunan (KLB) pihak pengembang.

“Pengembang bisa dari proyek reklamasi pulau, bisa juga dari koefisien luas bangunan. (Anggarannya) bisa puluhan miliar rupiah,” kata Ahok.

Ahok tak memusingkan soal dana. Dia menyatakan dana bisa diperoleh lewat kebijakan peningkatan KLB itu. Pihak swasta yang hendak meningkatkan KLB harus membayar ke Pemprov DKI.
(dc)

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *