Berbuat Asusila, Dua Tentara Ini Dihukum Penjara 120 Tahun dan 240 Tahun

  • Whatsapp

BOGORDAILY โ€“ Barangkali ini adalah hukuman terpanjang yang pernah ada. Dua tentara ini di hukum penjara 120 Tahun dan 240 Tahun, karena berlaku keji. Memperkosa perempuan dan memunuhnya.

Keduanya adalah mantan tentara dan paramiliter di Guatemala, mereka divonis karena kasus asusila, memperkosa perempuan suku asli dalam perang saudara pada 1960-1996.

Read More

Hukuman seperti itu adalah yang pertama kali terjadi dalam pengadilan di Guatemala setelah masa perang saudara.

dKoran the Daily Mail melaporkan, Ahad (28/2), mantan tentara yang sudah pensiun Esteelmer Reyes Giron, dinyatakan melakukan kejahatan kemanusiaan karena menyekap 15 perempuan untuk dijadikan budak seks, dan membunuh satu perempuan serta dua anak perempuannya.

Sedangkan Heberto Valdez Asij, mantan paramiliter, dinyatakan bersalah karena kejahatan yang sama dan menghilangkan tujuh pria. Hukuman penjara 120 tahun dan 240 tahun itu bersifat simbolik karena dalam hukum Guatemala, seseorang hanya boleh dipenjara maksimal 50 tahun.

Ketika pengadilan mengumumkan vonis itu, hadirin yang di antaranya keluarga korban berteriak histeris ‘keadilan, keadilan!’

“Vonis bersejarah ini mengandung pesan bahwa kekerasan seksual adalah kejahatan serius tak peduli peristiwanya sudah lama berlalu. Ini adalah kemenangan besar bagi sebelas perempuan yang sudah berjuang di pengadilan selama 30 tahun,” kata Direktur Amnesty International kawasan Amerika Erika Guevara-Rosas.

Dalam persidangan, para korban bersaksi atas penyiksaan yang mereka alami selama enam bulan pada 1982 an 1983 di pangkalan militer Sepur Zarco di sebelah utara Guatemala.

Setelah tentara mendatangi wilayah mereka, para pria menghilang dan kaum perempuan yang mencari hingga ke pangkalan militer malah diperkosa dan dipaksa memasak dan mencuci pakaian para serdadu. (Mer)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *