Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSekjen PBB Bela Palestina, Israel Melawan

Sekjen PBB Bela Palestina, Israel Melawan

BOGORDAILY – Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersitegang dengan pemerintah . Ketegangan itu dipicu aksi Ban yang membela perlawanan rakyat Palestina sebagai respons atas pendudukan rezim di tanah mereka.

Dalam pidatonya di depan Dewan Keamanan PBB pada 26 Januari lalu, Duta Besar (Dubes) untuk PBB menyerukan Ban agar menarik komentarnya. Saat itu, Sekjen PBB itu menyerukan untuk menghentikan pembangunan unit-unit permukiman Yahudi di wilayah-wilayah pendudukan. Ban menyebut perluasan pembangunan permukiman tersebut sebagai “penghinaan bagi rakyat Palestina dan bagi komunitas internasional.

Mengenai aksi-aksi demo warga Palestina, Ban juga mengatakan bahwa “sebagaimana yang ditunjukkan masyarakat tertindas sepanjang zaman, maka sifat manusia adalah bereaksi terhadap pendudukan,” ujar Ban seperti dikutif media Press TV, Selasa (9/2/2016).

Dalam suratnya untuk Ban pada Senin (8/2) waktu setempat, pejabat tersebut mengklaim bahwa statemen-statemen Ban bisa membuat dan seluruh dunia dalam bahaya. “(Statemen itu) telah menciptakan dua kategori teror: teror yang diarahkan ke warga dan teror yang diarahkan ke seluruh dunia,” tulis Danon dalam suratnya untuk pemimpin dunia tersebut.

Menurut Danon, PBB harusnya menghukum para pelaku serangan terhadap warga , bukannya mengkritik Tel Aviv atas terus terjadinya kekerasan di wilayah-wilayah Palestina.

Sekretaris Jenderal PBB adalah ketua Sekretariat PBB, salah satu bagian penting dari PBB. Menurut Piagam PBB, Sekretaris Jenderal diangkat oleh Sidang Umum berdasarkan rekomendasi Dewan Keamanan.  (*/bd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here