Bibit Baru Temuan IPB Ini Bisa Panen 11,2 Ton/Hektare

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Institut Pertanian Bogor (IPB) meluncurkan varietas padi terbaru bernama IPB 3S. Vrietas baru ini mampu menghasilkan komoditas mencapai 11,2 ton gabah per hektare (ha).

Untuk mendukung hasil riset ke industri, Menristekdikti, Mohamad Nasir melakukan penanaman perdana produksi benih dasar padi sekaligus peluncuran program start up industri benih padi IPB 3S di Desa Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Senin (25/4/2016).

Hadir Dirjen Penguatan Inovasi Kemristekdikti, Junain Appe, Rektor IPB, Herry Suhardiyanto; dan Bupati Bogor, Nuhayanti.

“Tujuan kegiatan ini adalah pengembangan sistem produksi pada yang bisa menyebabkan swasembada pangan nasional,” ujarnya di Desa Tanjungsari, Bogor.

Baca Juga  Siap-siap, 10 THM di Bogor Digerebek BNNK

Ada empat kegiatan dalam pengembangannya, yakni upgrading seed center, produksi benih sumber, pelatihan penangkar, dan sosialisasi benih IPB 3S melalui 16 demplot masing- masing satu hektare (ha).

“Ini pertama kali dan sumber terbesar sehingga bisa menghasilkan di 50 hektare. Hasil pembenihan kemudian
Bisa ditanam di lahan dua juta hektare dengan hasil sebelumnya 2,5 ton per hektare sekarang rata-rata bisa tujuh sampai delapan ton per hektare,” tuturnya.

Sementara Rektor IPB, Herry Suhardiyanto menambahkan, ciri khas padi varietas IPB 3S adalah daun lebih banyak, lebar, dan runcing. Selain itu, jumlah burit gabah yang biasanya 160 bulir, bisa mencapai 300 sampai 400 bulir. (bdn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *