Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaDodongkal, Makanan Khas Bogor yang Maknyus

Dodongkal, Makanan Khas Bogor yang Maknyus

BOGORDAILY – Anda penggemar kuliner, yang satu ini patut dicoba dan jangan sampai Anda lewatkan. namanya, meski sudah jarang yang berjualan tapi ini tak pernah sepi diburu para pecinta .

hanya bisa ditemui di Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat. Kue ini mirip dengan Kue Putu. Rasanya yang manis mencerminkan cita rasa khas orang Pasundan. Bila disuguhkan dengan segelas kopi, Dodongkl dapat membuat pagi anda bersemangat. Kue ini cocok dimakan diwaktu pagi atau saat sarapan, sampai menunggu waktunya makan siang.

Kue khas Sunda ini terbuat dari tepung beras yang disisipi gula merah didalamnya. Semakin menggoda selara saat taburan serutan kelapa diatasnya. Kues ini dikukus dengan balutan daun pisang.

Namun, sayangnya penganan khas Sunda ini bagai terlupakan. Banyak masyarakat tidak mengetahui jenis yang sudah jarang ditemui di Bogor dan Sukabumi ini. “Memang sudah jarang dijual, karena orang-orang memang pada gak tau ada makanan ini,” kata Dwi Sunarya (36), salah seorang pedagang saat berbincang dengan infonitas.com, di Kota Bogor.

Para pelancong yang datang ke Bogor sangat sulit menemui makanan yang mulai tergerus dengan fast food ini. Para pembaca, bisa mendapatkan makanan ini disekitar wilayah Empang, Bogor Selatan. Penjualnya berderet rapih, para pendatang bisa langsung merapatkan kendaraanya ke bilangan Dramaga, Bogor. Atau tepatnya tak jauh dari Universitas Pertanian Bogor (IPB). “Karena biasa dibuat sarapan, paling saya buka sampai jam 10 pagi,” ujar Dwi.

Sementara itu, salah seorang pembeli mengatakan, untuk lidah orang Sunda makanan ini sangat cocok. “Manisnya enak, pas deh sama lidah saya orang sunda,” kata Fazillah Khairunisa (25) warga asal Tanggerang, yang sengaja berkunjung hanya untuk menikmati seporsi bersama kekasihnya. (bdn/ifn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here