“Mobil Kayu” dari Toyota

BOGORDAILY – Toyota akan hebohkan Milan Design Week 2016, dengan memboyong kendaraan roda empat terbuka (roadster) unik. Mobil ini lebih memanfaatkan kayu ketimbang plat baja pada sekujur tubuhnya.

Desain mobil dengan rupa unik ini dinamai Setsuna. Untuk produk ini, Toyota berkolaborasi dengan  Sumitomo Forestry, yang merupakan tempat banyak ahli kayu. Mereka terlibat dalam proses pengembangan Setsuna, serta ikut juga membantu untuk memilihkan kayu yang sesuai.

“Dengan menggunakan kayu sebagai bahan utama, ini membuat kami menuangkan banyak waktu bersama para rekan kerja. Kami membuat prototipe dan mengevaluasi Setsuna, hingga mobil ini bisa menawarkan performa, dalam bentuk rasa nyaman dalam berkendara,” ujar Kenji Tsuji, penanggung jawab proyek Setsuna, seperti dilansir Carscoops.com, Minggu (3/4/2016).
MOKAY 1
Bodi Setsuna dibuat dari 85 panel kayu yang dibuat dengan tangan, dengan tampilan yang menunjukkan kesan mobil tua. Toyota mengklaim, mereka menggunakan teknik tradisional Jepang, seperti okunari (pemasangan panel kayu tanpa menggunakan paku) dalam proses pembuatanya.

Agar tidak monoton dan flat, Toyota mengkombnasikan komponen berbahan alumunium, di beberapa bagian, seperti tutup roda (wheel cap), kemudi, dan frame bangku. Toyota juga memasangkan jam Setsuna, yang tidak hanya menunjukkan jam dan menit, tetapi juga tahun, sebagai pengingat status khusus dari Setsuna. (Kom)
MOKAY 3

Bagaimana Komentar Kamu?