Penggemar Motor Trail akan Ramaikan Parangtritis

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Ribuan penggemar olah raga offroad sepeda motor trail, akan meramaikan Parangtritis, pada Trail Adventure #4, 25 September. Sedikitnya, 3.000 orang penunggang motor tinggi ini akan melakukan perjalanan offroad atau trabasan di seputar pantai, di Kabupaten Bantul itu.

“Perhelatan seperti ini selain untuk menyalurkan hobi, juga sangat mendukung pariwisata DIY,” kata Mujiyana, Ketua Pengurus Daerah Indonesia Off-road Federation (IOF) 2X1 DIY, dalam acara donor darah di Ngipik, Banguntapan, Bantul, Jumat (8/9).

Read More

Di Parangtritis, penggemar wisata semi ekstrim atau bahkan ekstrim itu bisa adu keahlian di arena berpasir. Apalagi, di pesisir selatan itu juga sedang dibangun Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), jalur utama untuk jalan darat. Pariwisata di Bantul hingga Kulon Progo akan terangkat dengan adanya perhelatan itu. “Potensi wisata di pesisir selatan sangat besar. Bisa menjadi ikon pariwisata. Karena itu butuh kampanye, mengenalkan ke ajang nasional mau pun internasional,” kata dia.

Mujiyana yang juga menjadi Kepala Bidang Pemberantasan, Badan Narkotika Nasional Provinsi DIY itu juga menyatakan, IOF banyak membuka lokasi yang sebelumnya terisolir.

Tidak hanya melakukan hobi menerobos jalan terjal, berpasir dan sulit dilalui, para pengendara trail ini juga melakukan aksi sosial. Dari donor darah hingga membatu perbaikan jalan rusak, jembatan rusak, dan perbaikan tempat ibadah. “Hobi ini bukan foya-foya. Tetapi ada sisi dan sosialnya. Jika sedang trabasan dan ada rumah, masjid, jembatan yang rusak, kami bantu,” katanya.

Ketua Panitia Parangtritis Trail Adventure #4, Wahyu Abdullah, mengatakan pengendara motor trail diajak mencoba jalur yang lebih menantang. Peserta dari dalam dan luar negeri. “Di pesisir pantai ada kombinasi gumuk pasir dan perbukitan yang menantang para offroader,” kata dia.

Mereka akan memulai petualangan dari Pantai Parangkusumo, dan berakhir di lokasi yang sama, menempuh jarak sekitar 80 kilometer. Dari luar negeri, di antaranya dari Perancis. Peserta, kata dia, dipungut biaya Rp 150 ribu. Mereka akan diguyur hadiah lima unit sepeda motor trail Kawasaki KLX dan banyak doorprize.(tem)

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *