Friday, 26 April 2024
HomeNasionalPerjalanan Kereta Api Bogor-Bandung dapat Hemat Waktu Dua Jam

Perjalanan Kereta Api Bogor-Bandung dapat Hemat Waktu Dua Jam

BOGORDAILY (KAI) telah menargetkan memenuhi kebutuhan darat dengan penambahan jalur hingga 5.000 kilometer. Salah satu upayanya yakni meng­hidupkan kembali rute yang menghubungkan Bogor-Sukabumi-Cianjur dan Bandung.

Wakil Kepala Stasiun Bogor Fajar Suryana Ari mengatakan, rencana itu telah lama digulir­kan. Jika itu terealisasi tahun ini sesuai target, maka warga Bogor tak perlu lagi meng­hadapi kemacetan panjang di jalur Puncak untuk pergi ke Bandung. “Tentu makin memudahkan. Bisa efisiensi hingga dua jam jika diband­ingkan naik bus atau kenda­raan lain,” kata Fajar.

Apalagi saat ini sudah ban­yak penumpang yang sering menanyakan soal realisa­si pembukaan jalur kereta Bogor-Bandung. Informasi yang dihimpun Harian Metro­politan, untuk jurusan Bogor-Sukabumi sedikitnya ada 450 penumpang setiap harinya.

Jumlah ini dipastikan me­ningkat drastis jika kereta rute Bogor-Bandung dibuka. Bah­kan, diprediksi bisa menyaingi jumlah rata-rata penumpang yang melakukan perjalanan Bogor-Jakarta yang mencapai 90.000 orang per harinya. “Su­dah banyak yang mengusul­kan. Karena, selama ini kereta dari Bogor hanya bisa sampai Cianjur,”sebutnya

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengaku ada rencana pembukaan jalur Bogor-Bandung. Hanya saja banyak perbaikan yang harus dilakukan. Sebab, jalur yang dilewati tergolong ekstrem dengan tanjakan tajam dan turunan curam. ”Ini harus diperbaiki karena ada kemir­ingan cukup tinggi. Jadi se­dang dicari solusinya. Cianjur yang agak tanjakan panjang itu di Padalarang, termasuk baliknya. Ini lagi dihitung untuk mereaktivasi. Treknya juga sudah harus diganti,” lanjut dia.

Untuk kepastian reaktivasin­ya, lanjut Edi, pihaknya ma­sih menunggu izin Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaa­pian Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dia berharap pengoperasian kembali jalur ini masuk agenda kemenhub di tahun ini. “Reaktivasi ini bisa saja dari ditjen atau dari kita. Tetapi saya harap ditjennya hi­tung. Pperasionalnya kita, kalau reaktivasinya ditjen,” kata dia.

Terlepas dari itu, ia mengaku keberadaan Bogor-Bandung dapat mendorong perekonomian, sekaligus mempersingkat perjalanan penumpang Bogor dan seki­tarnya ke Bandung. Sebab selama ini masyarakat Bogor yang akan ke Bandung den­gan harus ke Jakarta terlebih dulu.

“Penumpang dari Bogor nga­pain lagi ke Jakarta untuk ke Bandung. Mereka lewat sana kan lewat Cianjur lebih cepat, jadi terbuka semua. Ini sudah ada dari Bogor ke Sukabumi ke Cianjur. Untuk yang ke Bandung ini menunggu izinnya,” terangnya.

Jika itu terealisasi, jalur itu akan diperuntukkan bagi kereta penumpang dan juga kereta barang. “Uta­manya penumpang dulu, tetapi kalau barang biasa ya mungkin bisa diangkut karena sentra industri dan kerajinan banyak sekali di daerah sana. Termasuk di Ciwidey banyak industri di sana,” terangnya.

Sebelumnya kementerian perhubungan pernah men­argetkan untuk merampung­kan aktivasi jalur Cianjur-Bandung. Ini setelah jalur Bogor-Sukabumi dan Cianjur-Sukabumi dibuka.

Bahkan saat Menteri Per­hubungan Ignasius Jonan masih menjabat, sudah ada renvana untuk memberikan susidi (PSO) untuk jalur kereta baru menuju Bandung. Perki­raan tarif relasi Bandung-Sukabumi sekitar Rp15.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here