Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorAncaman Puting Beliung di Bogor Sampai April

Ancaman Puting Beliung di Bogor Sampai April

BOGOR DAILY– Aktivitas peman­tauan cuaca di Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika () Dramaga kembali normal pas­ca terjangan angin .

”Ak­tivitas sudah normal, pemantauan cuaca tetap berjalan 24 jam,” kata Ke­pala Stasiun Klimatologi Dra­maga Deddy Sucahyono, kemarin.

Deddy menjelaskan, angin kencang yang menerjang Kantor Stasiun Klimatologi Dramaga menjadi yang ter­parah yang pernah terjadi di wilayah tersebut. Angin kencang pernah terjadi dengan kecepatan tertinggi berkisar 20 sampai 30 knot.

Namun, pada Selasa (28/3), kecepatan angin mencapai 48 knot atau berkisar 90 sampai 100 kilometer per jam. ”Angin Selasa kemarin tergolong ekstrem,” katanya.

Menurut Deddy, angin ken­cang pada Selasa lalu terjadi pukul 14.25 WIB. Fenomena alam ini berlangsung selama lebih-kurang 30 menit. Saat itu kondisi cuaca di wilayah Dra­maga sedang . Deddy mengatakan terjangan berdam­pak pada kerusakan sejumlah perangkat

”Atap di kantor staf data iklim dan informasi serta kantor kepala stasiun ikut di­terbangkan angin dan plafon­nya rusak, sehingga ketika terjadi rembesan,” kata­nya.

Menurut Deddy, kondisi ter­sebut berpotensi terjadi selama sepekan hingga sepuluh hari mendatang. Masyarakat dapat mewaspadainya dengan me­lihat kondisi cuaca di sekitar seperti bila pagi hari sudah panas. Lalu di siang hari mun­cul awan-awan tebal seperti awan CB. Masyarakat dapat mewaspadai akan terjadi disertai kilat dan angin kencang.

”Kondisi ini terjadi lokal, tidak merata. Seperti kemarin di wi­layah Kota Bogor tidak , tapi di Dramaga terjadi disertai angin kencang,” kata Deddy (bd)