Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorMbah Jagad, Dukun 94 Tahun Jadi Langganan Calon Kades di Caringin

Mbah Jagad, Dukun 94 Tahun Jadi Langganan Calon Kades di Caringin

BOGOR DAILY – Pemilihan kepala desa tinggal menghitung jam. Minggu (12/3) besok, pilkades serentak bakal berlangsung. Di balik pesta demokrasi juga tersimpan cerita mistik yang kabarnya kerap dilakukan para calon kepala desa (kades). Termasuk mendatangi dukun kepercayaan yang dianggap bisa membantu mendulang.

Mbah Jagad asal Caringin disebut-sebut jadi dukun langganan para calon kades yang berniat maju. Tepat 15 kilometer dari kaki Gunung Salak, di Desa Lemahduhur, Kecamatan Caringin, Mbag Jagad sering dikunjungi tamunya. Lelaki yang sudah berusia 94 tahun ini sudah berkali-kali menjadi dukun para cakades. Ia juga sering dikunjungi oleh tim sukses dari para kandidat kades

“Loba, nu ka sim kuring hayang jadi pamingpin. Komo urang Bogor mah,” tutur kakek itu seperti yang dihimpun Radar Bogor.

Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bogor akan berlangsung Minggu (12/3) besok.

Menurutnya, para cakades masih mempercayai klenik dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka. Selain itu, dukun dianggap mampu membuat kharisma cakades lebih moncer. Tak jarang, para cakades memasang susuk padanya.

“Lobana masang susuk, meh katingali sae ku warga. Cirina, pas di pencoblosan pasti bau menyan atanapi dupa,” tukansya.

Seperti diketahui, pencoblosan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap pertama tinggal sehari lagi. Minggu (12/3), besok menjadi penentuan bagi para kandidat kades. Tiga hari masa tenang yang diberikan, menjadi waktu-waktu krusial bagi para tim sukses. Mereka pun terus bergerilya di balik layar. Saling sikut dilakukan demi mendulang suara sang jagoan. (pjk/bd)

sumber :pojoksatu