Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorSekali Main di Stadion Pakansari Bisa Ratusan Juta Rupiah

Sekali Main di Stadion Pakansari Bisa Ratusan Juta Rupiah

BOGOR DAILY Perhelatan pertandingan Piala Presiden yang berlangsung di , , Kabupaten Bogor rupanya membawa angin segar untuk pemasukan .

Pasalnya, laga pertandingan sepak bola akbar yang di gelar selama dua hari itu ditarif hingga puluhan juta rupiah sekali pertandingan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Yusuf Sadeli menjelaskan, berdasarkan Perda yang telah dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bogor,  ini sudah diterapkan tarif jika digunakan untuk pertandingan sepak bola.

Menurutnya, ada rumus tersendiri untuk menentukan tarif sewa Sewa saat perhelatan pertadingan sepak bola berlangsung.

“Tarifnya beda-beda antara pertadingan reguler, nasional dan internasional. Uang pembayaran itu masuknya ke ,” ujarnya.

Dia mencontohnya, saat pertadingan Persib melawan Semen Padang dalam piala presiden 2017 di ditarif seharga Rp 77 juta.

“Ada rumusnya, tergantung pertadingannya dan siapa yang akan main disini,” terangnya.

Sekretaris Dispora Kabupaten Bogor Ade Hasrat menambahkan, untuk perhitungan biaya sewa disesuaikan dengan skala pertandingan. Biaya yang dikenakan pun belum termasuk sewa genset untuk menjamin kelancaran pasokan listrik.

“Sesuai peraturan bupati nomor 22 tahun 2017 tercantum tarif sewa Rp 74,5 juta untuk sekali pertandingan berskala nasional. Kalau untuk pertandingan level internasional, satu pertandingan sewanya Rp 145 juta,” kata Ade

Sementara itu, Kepala Bagian Perundang-undangan, Ade Jaya menambahkan, tarif yang diterapkan rumusannya sudah diatur di dalam perda.

“Dikaji terlebih dahulu oleh Dispora dan kemudian menghitungnya dengan rumus tersendiri,” jelasnya.

Menurutnya, makin tinggi tarap pertadingan yang digelar di , maka akan semakin tinggi pula tarif sewa yang dikeluarkan.

“Perhitungannya dari mulai faktor variabel, luas tanah, nilai tanah, nilai bangunan hingga faktor penyesuaian. Harga itu hanya untuk sewa saja, kalau ada kerusakan saat pertadingan di area stadion beda lagi hitungannya,” tandasnya (bd)