Friday, 29 March 2024
HomeBeritaSaksi Kunci Korupsi E-KTP Tewas di LA, Ini Sosoknya...

Saksi Kunci Korupsi E-KTP Tewas di LA, Ini Sosoknya…

BOGOR DAILY– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa salah satu saksi terkait kasus KTP elektronik (KTP-el), , meninggal dunia di Amerika Serikat (AS). Johannes disebut sebagai saksi kunci dalam kasus ini sebagai pengusaha yang menyediakan layanan teknologi biometrik KTP-el.

“Informasi benar meninggal dunia, tetapi kami belum dapat informasi yang rinci karena peristiwanya terjadi di Amerika Serikat,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/8).

Lebih lanjut, Febri menyatakan, bahwa kasus kematian secara lebih rinci menjadi domain dari otoritas atau penegak hukum setempat. Ia pun menegaskan, bahwa penyidikan kasus KTP-el akan tetap berjalan karena penyidik memilik bukti kuat terkait kasus tersebut.

merupakan Direktur Biomorf Lone LCC Amerika Serikat, perusahaan penyedia layanan teknologi biometrik. Johannes diduga memiliki bukti rekaman proses pembahasan anggaran proyek pengadaan KTP-el, termasuk dengan Ketua DPR RI Setya Novanto yang saat itu menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar.

Dalam dakwaan penuntut umum KPK kepada terdakwa Irman dan Sugiharto, Johanes Marliem juga disebut menerima sejumlah 14,88 juta dolar AS dan Rp 25,24 miliar terkait proyek sebesar Rp 5,95 triliun tersebut. Dalam kasus ini, Setya Novanto telah ditetapkan KPK sebagai tersangka.