Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalBegini Kondisi Kesehatan Novanto Pasca Menang Praperadilan

Begini Kondisi Kesehatan Novanto Pasca Menang Praperadilan

BOGOR DAILY-Kondisi Ketua DPR disebut belum pulih total. Alat bantu kesehatan seperti infus dan selang pernapasan masih menempel di tubuhnya.

“Bapaknya cuma bilang goyang kalau lihat orang. Itu saja,” kata Wasekjen DPP Golkar Marlinda Irwanti Poernomo saat ditemui di Rumah Sakit Premier, Jatinegara, Jakarta Timur.

Dia pun belum bisa memastikan apakah Novanto akan pulang hari ini. Tim dokter RS Premier belum memberikan lampu hijau kepada Ketua Umum Partai Golkar itu.

Marlinda sempat berbincang dengan istri Novanto, Deisti Astriani Tagor, untuk mengetahui kondisi ketuanya. Novanto disebut mengalami gangguan sinus yang mengakibatkan rasa sakit hingga menjalar ke bagian kepala.

Dokter juga memberitahunya bila keseimbangan tubuh seseorang akan terganggu bila penyakit sinusnya kambuh. “Mau ada pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Marlinda.

Sebelumnya, Novanto didiagnosis mengalami penyempitan jantung 80 persen dan harus dipasang ring. Ia sempat menjalani operasi kateterisasi jantung pada 18 September lalu.

Kesehatan Novanto memburuk sehari sebelum diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka, Senin 11 September 2017. Dia adalah tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan KTP elektronik (KTP-el).

Tak terima dengan status tersangka KPK, Novanto mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Hakim tunggal Cepi Iskandar mengabulkan permohonan Novanto pada Jumat 29 September 2017. Novanto pun lepas dari jerat status tersangka.