Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaKorban Tewas Bom Mesir Bertambah Jadi 235 Orang

Korban Tewas Bom Mesir Bertambah Jadi 235 Orang

BOGOR DAILY-Sebanyak 235 orang tewas akibat serangan dan penembakan, di masjid Al-Rawdah, di Bir al-Abed, Provinsi Sinau Utara, setelah jamaah baru selesai menunaikan shalat Jumat.

Selain itu, 120 orang lainnya mengalami luka-luka. Pemerintah langsung mengeluarkan hari berkabung nasional selama tiga hari untuk mengenang korban-korban.

Dilansir dari Al Jazeera, Jumat (24/11/2017), Presiden , Abdel Fattah el-Sisi mengutuk penyerangan yang dia sebut sebagai aksi kejahatan dan pengecut.

“Petugas keamanan dan polisi akan mengusut tuntas peristiwa ini dan mulai memperbaiki keamanan dan stabilitas dengan seluruh pasukan,” katanya.

Militer langsung meluncurkan serangan udara di area pegunungan di sekitar Bir al-Abed, beberapa jam setelah aksi penyerangan.

Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini. Namun, kelompok militan lokal yang berafiliasi dengan ISIS pernah mengklaim melakukan serangan-serangan di sebelumnya.

Serangan Paling Mematikan di dalam 30 Tahun Terakhir (AFP)

Serangan diawali dengan ledakan , yang kemudian dilanjutkan dengan tembakan beruntun ke arah jamaah yang masih hidup dan berlari menyelamatkan diri.

Puluhan korban tewas terlihat terkapar di dalam masjid. Kebanyakan dari mereka telah ditutup dengan kain berwarna putih, sementara beberapa terbungkus dengan permadani.

Sebelumnya, serangan di Sinai sebagian besar menargetkan petugas keamanan dan kelompok minoritas Kristen Koptik .

Namun, teror juga menyerang Masjid  Bir al-Abed yang menjadi sasaran empuk, karena berada di luar kota utama provinsi tersebut.