Pingin Libur Akhir Pekan Berkualitas? Cobain Cara Ini

BOGOR DAILY-

Libur panjang baru saja usai. Anda harus kembali kepada rutinitas sehari-hari, entah itu sekolah, kuliah, atau bekerja. Tapi kok singkat banget ya? Rasanya tidak puas dan hanya menikmati liburan sekejap mata. Padahal Anda sudah pergi traveling dan mengunjungi sanak kerabat. Atau Anda merasa menyesal karena waktu selama itu untuk berlibur hanya Anda gunakan untuk bermalas-malasan dengan tidur atau menonton tv di rumah.
Keinginan untuk mengulang masa liburan dan mengisinya dengan kegiatan yang berkualitas pasti Anda inginkan kembali. Bagaimana caranya? Ada beberapa tips mengisi liburan di akhir pekan tanpa menguras dompet dan tentunya tetap membuat kualitas liburan Anda tetap berkesan. Apa saja sih? Simak tipsnya berikut ini.

1.    Olahraga Pagi

Bila Anda termasuk orang yang malas untuk keluar di pagi hari, cobalah melangkah keluar kamar, berjalan-jalan mengitari rumah, menghirup udara segar, lalu rasakan sensasinya. Keinginan Anda untuk melanjutkan tidur akan langsung pupus karena Anda begitu menikmati keindahan di pagi hari.

So, langsung saja bergegas ke pusat keramaian yang terdapat car free day. Anda akan menemukan orang berlalu-lalang menggunakan sepeda atau hanya sekadar berjalan kaki. Itulah waktu yang bisa Anda nikmati tanpa asap dan tanpa polusi kendaraan bermotor. Di sana juga Anda akan dapat temukan aneka makanan lezat yang dijajakan oleh penjual. Dan bukan tidak mungkin, Anda juga akan menemukan kenalan baru di sana. Asyik, bukan?

2. Merapikan Kamar

 

Selain Anda pergi keluar berolahraga, Anda pun tetap dapat memanfaatkan waktu yang berkualitas di dalam rumah. 1 pekan yang menjemukan selepas aktivitas kampus atau kantor pasti membuat tata letak barang-barang Anda di kamar berubah dari yang seharusnya. Inilah waktu bagi Anda yang ingin menata ulang dan membereskan kamar Anda. Baju berserakan, buku-buku, sampai kasur yang berantakan. Rapikan dari yang paling mudah dan paling dekat dengan Anda, lalu taruh barang-barang sesuai tempatnya. singkirkan pakaian kotor dan cucilah selimut serta sprei. Terakhir, sapu dan pel lantai kamar Anda dan tambahkan pengharum ruangan.

3.    Belajar Memasak

Bila kebiasaan Anda adalah membeli makan di luar rumah, Anda bisa sesekali bereksperimen dengan mengolahmasakan yang sudah lama ingin Anda coba. Mungkin Anda pernah mengimajinasikan suatu adonan bagaimanakah bila suatu bahan baku diolah sedemikian rupa. Selamanya apa yang Anda angankan hanya akan berada di dalam kepala bila Anda tidak pernah mencobanya.
Hindari kekhawatiran masakan Anda tidak enak nantinya. Hasil dari masakan Anda tidak akan pernah diketahui jika Anda belum pernah mencobanya. Akan sangat menyenangkan nantinya bila Anda dapat mencicipi masakan buatan sendiri.

4. Jalan-jalan ke Toko Buku

?

Mungkin Anda bosan dengan membaca buku di rumah. Entah itu suasananya yang gitu-gitu aja atau butuh bacaan baru. So mengunjungi toko buku untuk mendapatkan suasana baru tidak ada salahnya. Anda akan memiliki banyak pilihan jenis buku sesuai tema yang Anda minati. Bila buku yang sangat Anda incar atau ingin Anda abaca sudah ditemukan, langsung saja Anda sisihkan uang Anda untuk membelinya. Dibanding Anda terus menghambur-hamburkan untuk sesuatu yang tidak jelas, sesekali Anda perlu menginvestasikan sesuatu untuk leher ke atas, bukan? Buku adalah sesuatu yang tidak akan habis dikonsumsi. Bila Anda sudah selesai membacanya, Anda bisa memberi jalan orang lain untuk membaca buku Anda.

5. Bersilaturahmi

Di sela kesibukan, ada masa di mana Anda harus bersilaturahmi mengunjungi kerabat dan saudara. Maka hari libur menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk mengunjungi mereka. Mereka akan senang, di tengah padatnya aktivitas Anda masih meluangkan waktu untuk datang berkunjung. Tidak cukup bila Anda sudah berteman dengan mereka di sosial media. Hal itu akan membuat siapapun menjadi malas untuk bertemu karena sudah cukup berteman di sosial media. Buatlah agenda untuk berkunjung, dan buatlah suasana santai dengan saling berbagi cerita di rumah mereka.

6. Membuat Jadwal Seminggu Kedepan

Terakhir, ambillah selembar kertas atau buku agenda Anda untuk merancang aktivitas seminggu ke depan. Orang-orang sukses yang sering Anda lihat dalam TV, surat kabar, sampai buku adalah orang yang hidupnya tertata. Mereka menyusun kegiatan-kegiatan mereka tiap harinya. Waktu yang terbuang sia-sia adalah hal yang amat mereka hindari. So, bukan gaya hidup orang-orang sukses saja yang harus Anda tiru. Tapi juga bagaimana pola hidup mereka sehingga mereka bisa sesukses sekarang. Bila Anda rajin membuat to do list setiap harinya, bahkan sampai seminggu ke depan, hidup Anda akan menjadi terpola dengan membuat waktu menjadi lebih berkualitas.