Friday, 19 April 2024
HomeBeritaPasang Pompa Baru, PDAM Tirta Pakuan Tambah Kapasitas 200 l/det

Pasang Pompa Baru, PDAM Tirta Pakuan Tambah Kapasitas 200 l/det

Bogor Daily – Pemasangan pompa baru di Intake Cipaku yang mulai Kamis (30/08/18) pagi, diyakini dapat meningkatkan pelayanan air bersih PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Pompa buatan Eropa Timur yang punya kemampuan teknis hingga 300 liter perdetik (l/det) itu merupakan salah satu solusi perbaikan sistem pengaliran di wilayah zona III.

Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana menyebutkan, pemasangan pompa transmisi air baku itu merupakan langkah PDAM untuk meningkatkan pelayanan di wilayah zona III. Karena beberapa waktu belakangan ini, sejumlah wilayah di Kecamatan Bogor Barat, Utara dan sebagian Bogor Selatan diidentifikasi belum terlayani 24 jam.

“Pemasangan pompa di Intake Cipaku ini merupakan salah satu solusi gangguan pelayanan di wilayah Cimahpar, Bogor Baru, perumahan Griya Melati hingga Bubulak. Ini sebagai solusi jangka pendek sambil SPAM Katulampa selesai,” ujar Dirtek saat menjadi inspektur apel khusus di halaman parkir PDAM Kota Bogor, Rabu (29/08/18).

Direksi sengaja mengadakan apel khusus untuk menyosialisasikan rencana pemasangan pompa ini kepada seluruh pegawai, agar para pegawai dapat membantu menginformasikan program ini kepada khalayak umum.

“Pengerjaan pemasangan pompa ini cukup memakan waktu, mungkin bisa seminggu lebih. Dan ini akan berdampak pada sistem pengaliran kita. Pasokan air bersih ke pelanggan akan terhambat. Jadi tolong bantu informasikan kepada tetangga, teman-teman atau keluarganya,” kata dirtek.

Dia menerangkan, tim dari Departemen Produksi dibantu NRW dan Trandis melakukan simulasi penghentian pasokan air selama dua jam pada Selasa (28/08/18) lalu. Meski hanya dua jam, dampaknya ternyata cukup signifikan. Banyak laporan air tidak mengalir via call center hingga beberapa jam.

“Kita lakukan simulasi (penghentian pompa sementara 100 l/det) pada pukul 18.00-20.00 WIB, air di rumah saya di Bantarjati mati sampai pukul 22.00. Berarti kan cukup lama juga gangguannya,” ujar Dirtek.

PDAM Siagakan 10 Mobil Tangki

Rencananya Kamis (30/08/18) pagi pukul 06.00 WIB, PDAM mulai menghentikan pompa sementara Intake Cipaku untuk memudahkan pengangkatan pompa lama. Diprediksi, gangguan pengaliran di pelanggan terjadi pada siang atau sore harinya. Untuk mengantisipasi gangguan, PDAM sudah menyiapkan sepuluh armada tangki membantu penyediaan air bersih bagi pelanggan yang terdampak gangguan.

“Kita siapkan sepuluh tangki yang terus bergerak selama pelanggan membutuhkan. Karena keterbatasan sopir, kita minta pegawai untuk turut serta membantu. Bahkan kami direksi siap menjadi sopir atau kenek jika dibutuhkan. Para manajer dan asisten manajer juga bisa turun membantu,” tambah Dirtek.

Seperti diketahui, PDAM akan mengerjakan pemasangan pompa transmisi air baku di Intake Cipaku dengan sumber air dari Sungai Cisadane pada Kamis (30/08/18). Pengerjaan diprediksi berlangsung 1-2 pekan ke depan.

Pengerjaan ini berpotensi menyebabkan gangguan pelayanan di wilayah zona III. Di antaranya sebagian Jl. Raya Pajajaran, Jl. Sukasari 1, 2, 3 dsk, Jl. NV. Sidik dsk, Jl. Duku, Jl Nanas Bantar Kemang, Jl Pajajaran Baranangsiang, Jl Pajajaran Indah, Villa Duta, Pajajaran Regency, Jl Ciheuleut, Bogor Lake Side.

Kemudian Griya Soka, Perum Botanica Cimahpar, Perum Haji Cimahpar, Perum Nurul Ichwan, Jl Sukasari, Jl Siliwangi, Jl Lawanggintung, Jl Sekip, Jl Batutulis, Kp. Jaya tunggal dsk, Perum Puri mas dsk, sebagian jl. Bondongan. Gunung Batu, Jalan Sindang Barang, Jl Loji, Griya Melati.

“Bagi masyarakat membutuhkan pasokan air melalui mobil tangki dapat menghubungi Call Center 24 Jam PDAM di nomor (0251) 8324111 dan Whatsapp 08111182123,” kata Dirtek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here