Aktivitas Galian Tanah Usik Ketentraman Warga Jampang

  • Whatsapp
Aktivitas galaian tanah di Blok Geramang, Kampung Jampang, Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang, Kab. Bogor.
Aktivitas galaian tanah di Blok Geramang, Kampung Jampang, Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang, Kab. Bogor.

BOGOR DAILY – Komisi I DPRD Kabupaten Bogor bakal memanggil pengusaha galian tanah di Blok Geramang, Kampung Jampang, Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang. Pemanggilan tersebut dilakukan karena diduga keberadaan galian menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat sekitar. Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Yusni Rivai, berjanji akan melayangkan surat panggilan ke pengelola galian tanah tersebut. Keberadaan aktivitas galian tanah telah menimbulkan polusi dan pencemaran udara yang membahayakan kesehatan warga.

“Debu yang ditimbulkan bisa mengancam kesehatan warga. Dari informasi yang saya dapat, saat hujan banyak warga yang jatuh akibat jalanan licin,” ungkapnya.

Read More

Selain pengelola galian, sambung dia, pihaknya juga akan memanggil jajaran terkait, mulai dari desa hingga pemerintah daerah untuk mempertanyakan kenapa galian tersebut dibiarkan beroperasi. Padahal, keberadaannya telah merusak lingkungan hidup.

“Kita akan panggil semua aparat terkait,” tegasnya. Sementara itu, warga setempat, Nyai (35), mengeluhkan keberadaan galian tanah tersebut.

Selain menimbulkan debu, juga sangat mengganggu kenyamanan warga. “Jalan jadi ngebul dan debunya sampai ke rumah. Parah lagi, air sumur warga pada kering. Itu semua akibat adanya galian. Sebelum ada galian, kampung saya itu subur tak pernah kekeringan,” katanya.

Nyai berharap Pemkab Bogor menindak keberadaan galian tersebut. Jangan sampai menunggu korban akibat penyakit ISPA yang ditimbulkan debu akibat aktivitas galian tersebut. “Apa menunggu ada korban dari warga baru ditutup,” pungkasnya.(khr/b/sal/py/bdn)

 

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *