Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaKata-kata Yunani Dasar dan Frase untuk Perjalanan Anda ke Yunani

Kata-kata Yunani Dasar dan Frase untuk Perjalanan Anda ke Yunani

BDN – Apakah Anda sudah membeli tiket pesawat etihad untuk berpelesir ke Yunani? Hal yang wajib Anda lakukan pertama kali adalah membersihkan kamera Anda untuk menangkap gambar reruntuhan menakjubkan dan matahari terbenam di tebing yang memukau, berbagai bangunan kuno untuk bahan jepretan Instagram yang bergaya di depan rumah-rumah bercat putih yang dibungkus dengan bunga bugenvil.

Tetapi ada hal yang mungkin Anda lupakan untuk mepersiapkan diri ke Yunani, yaitu beberapa frasa Yunani untuk berbicara dengan penduduk setempat saat Anda di sana. Meskipun Yunani melihat rekor jumlah turis, beberapa orang menganggap mencoba belajar bahasa Yunani sebagai bagian dari perjalanan mereka.

Hal yang menyulitkan untuk mepelajari bahasa Yunani adalah alfabetnya sendiri. Tidak seperti abjad Latin dalam bahasa roman, huruf-huruf Yunani tidak terbaca untuk penutur bahasa Inggris, membuat bahasa lebih sulit dipelajari daripada bahasa Roman seperti Spanyol, Italia, dan Prancis.

Di bawah ini, Anda akan menemukan frasa yang ditulis pertama kali dalam bahasa Yunani dan pelafalan fonetik yang mengikuti dalam tanda kurung, dengan penekanan pada suku kata dalam huruf besar. Gunakan beberapa aplikasi terjemahan untuk memutar audio tentang bagaimana frasa ini diucapkan.

Kata dan Frasa Yunani Dasar

Halo: Γειά σου (YAH-soo)

Senang bertemu Anda: Χάρηκα πολύ (HA-ree-ka po-LEE)

Bagaimana kabarmu ?: Tι κανείς (tee-KAH-nis)?

Selamat pagi: Καλημέρα (kah-lee-MER-ah)

Selamat siang / malam: Καλησπέρα (kah-lee-SPER-ah)

Selamat malam: Καληνύχτα (kah-lee-NEEKH-tah)

Terima kasih: Ευχαριστώ (eff-kha-ri-STOE)

Terima kasih kembali: Παρακαλώ (para-kah-LOE)

Dalam bahasa Yunani, kata untuk “tolong” dan “Anda diterima” merupakan frasa sederajat, dan itu menjadikannya lebih mudah untuk dipelajari. Sangat sopan untuk mengatakan “para-kah-LOE” setelah menanyakan arah atau harga sesuatu.

Nama saya …: Με λένε (boleh LEH-neh) …

Siapa namamu? πως σε λένε? (pos-oh LEH-neh)

Selamat tinggal: Γειά σου (YAH-soo)

Kita lanjutkan pembicaraan nanti: Τα λέμε (tah-LEH-meh)

Ya: Ναί (neh); Tidak: όχι (OH-hee)

Anda jangan bingung ya dan tidak – mudah salah mengaitkan “neh” dengan “tidak” dalam bahasa Inggris, dan “oh-hee” dengan “oke” padahal sebenarnya justru sebaliknya.

Maaf / Maaf: Συγνώμη (Lihat-GHNO-mee). Ucapkan ini untuk menarik perhatian seseorang, meminta untuk melewati seseorang, atau meminta maaf jika Anda menabrak seseorang.

Frase Yunani yang berguna untuk Anda sebagai wisatawan

Dimana kamar mandinya ?: Πού είναι η τουαλέτα (Poh-EE-nay ee tua-LEH-tah)?

Petunjuk bermanfaat: “Poh-EE-nay” berarti “Di mana?” sehingga Anda dapat meminta bantuan dengan menemukan sesuatu dengan mengatakan ini sambil menunjuk ke lokasi tertentu di buku panduan Anda atau di peta.

Apakah Anda berbicara bahasa Inggris? Μιλάτε αγγλικά (Mee-LAH-teh ag-li-KAH)?

Cheers !: Στην υγειά μας! (STIN-eh YAH-mas). Ini secara harfiah berarti “Untuk kesehatan kita!” Jika berbicara kepada sekelompok orang yang tidak termasuk diri Anda sendiri, katakan “STIN-eh YAH-sas,” yang berarti “Untuk kesehatanmu!”

Bangun! Ασπρο πάτο (AHS-pro PAH-toh). Berarti harfiah “dasar putih,” jika Anda menggunakan ini dengan kenalan Yunani baru, Anda pasti akan terkesan.

Berapa harganya ?: Πόσο κάνει αυτό (POH-soh KAH-nee af-TOH)? Anda bisa bertahan dengan bertanya “POH-soh KAH-nee” (Berapa?). Menambahkan “af-TOH” berarti “Berapa harganya?”

Saya tidak mengerti: Δεν καταλαβαίνω (Kemudian Kah-tah-lah-VEH-noh)

Membantu! Βοήθεια (voh-EE-thee-yah)

Saya suka Yunani: Αγαπώ την Ελλάδα (Ah-gah-POH remaja Eh-LAH-tha)

Ups !: Ωπα (OH-pa)

Jika ada satu kata Yunani yang pernah Anda dengar sebelumnya, kemungkinan itu adalah opa. Awalnya berarti “oops” atau “ups,” sekarang juga sering digunakan sebagai seruan antusiasme atau sukacita dalam perayaan atau untuk menunjukkan apresiasi terhadap musik, tarian, makanan, dan minuman. Misalnya, ketika Anda benar-benar membuat pramusaji Anda terkesan dengan keterampilan Yunani baru Anda, dan ia menawarkan Anda putaran tembakan ouzo di rumah, Anda dapat mengatakan, “Opa!” sebagai penghargaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here