Pemkab Bogor Dorong Pengembangan Inovasi

BOGOR DAILY – Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bap­pedalitbang) Kabupaten Bogor terus mendorong peng­embangan inovasi di Bumi Te­gar Beriman. Salah satu lang­kahnya dengan menggelar Gelar Inovasi Daerah Kabupa­ten Bogor 2018 di Main Atrium Cibinong City Mall (CCM), kemarin.

Acara rutin tahunan itu kembali memamerkan ber­bagai hasil inovasi putra daerah. Acara yang dipadati ratusan masyarakat dari berbagai ka­langan ini berlangsung meriah. Selain memamerkan hasil ino­vasi, pengunjung juga dibuat takjub lewat video perjalanan seleksi lomba inovasi daerah. Pengunjung bisa belajar lan­taran ada seminar inovasi yang diisi narasumber ahli dengan tema ‘Inovasi Berbasis Poten­si Wilayah untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat’.

“Inovasi dan teknologi meru­pakan kata kunci dalam me­ningkatkan daya saing perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor,” kata Bupati Bogor, Nurhayan­ti, saat membuka secara resmi puncak acara Lomba Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bo­gor 2018.

Nurhayanti pun memberikan penghargaan kepada pemenang lomba inovasi. Ada empat ka­tegori inovasi yang diperlom­bakan, yakni kategori SMP, SMA, perguruan tinggi dan pusat penelitian serta kategori ma­syarakat umum. “Saya berharap pemenang lomba inovasi bisa mengimplementasikan hasil inovasinya di masyarakat. Ini harus lebih dikembangkan dan kami berkomitmen untuk itu,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ke­pala Bappedalitbang Kabupa­ten Bogor, Syarifah Sofiah, mengatakan, lomba gelar ino­vasi ini merupakan kali ketiga dilaksanakan yang diikuti 77 peserta dari 10 SMP, 21 SMA, 19 masyarakat umum dan 27 peserta dari perguruan tinggi dan pusat penelitian. Jurinya sendiri dari para ahli, mulai Prof Nurul dari LIPI, Henny dari Unpak, Dedi Duryadi dari IPB dan Dadan Nugraha dari Puspiptek.

“Lomba ini bertujuan untuk menggali potensi generasi mu­da dan masyarakat di bidang inovasi dan teknologi serta me­numbuhkan budaya inovasi di kalangan masyarakat sejak dini. Sehingga masyarakat bisa man­diri, cerdas, inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi,” pungkas­nya.

Bagaimana Komentar Kamu?