Bima Arya Instruksikan ASN Tetap Bersiaga Saat Libur Natal, Khususnya Pelayanan Kesehatan

 

BOGOR DAILY – Walikota Bogor Bima Arya menginstruksikan jajarannya untuk tetap bersiaga saat libur panjang (long weekend) perayaan Natal. Hal tersebut diungkapkannya di sela rapat koordinasi persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di ruang Paseban Punta, Balaikota Bogor, Jumat (21/12).

“Saya menekankan kepada aparatur terkait, rekan-rekan di wilayah mulai dari kecamatan hingga kelurahan untuk tetap siaga di wilayahnya masing-masing,” ungkap Bima.

Ia menambahkan, risiko kecelakaan lalu lintas biasanya akan meningkat seiring dengan musim arus mudik dan libur panjang. Untuk itu, diperlukan pencegahan dan penanggulangan situasi gawat darurat.

“Dishub dan Satpoll PP juga kami siagakan disejumlah titik karena arus mobilitas orang dan kendaraan akan meningkat. Instruksi siaga juga dikhususkan untuk pelayanan kesehatan mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada warga meski momentumnya libur panjang,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek telah mengirim surat kepada seluruh gubernur dan kepala daerah tingkat kota/kabupaten terkait penyelenggaraan pelayanan kesehatan saat libur Natal dan Tahun Baru. “Saya harapkan layanan kesehatan siaga 24 jam baik di Puskesmas, rumah sakit,” kata Nila dalam keterangan tertulis, Kamis (20/12).

Nila mengatakan, fokus pelayanan kesehatan juga dilakukan di terminal, bandara, tempat wisata, rest area, atau jalan tol yang digunakan sebagai jalur mudik dan jalur balik.

Damai Natal

Bima Arya berpesan agar perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini bisa dijadikan sebagai momentum untuk menguatkan kebersamaan. “Mari kita gunakan sebagai momentum menguatkan kebersamaan kita. Karena kita tengah menjalani hajat politik lima tahunan, yaiitu Pemilihan Umum 2019. Mudah-mudahan ini menjadi momentum bagi kita untuk terus menguatkan kebersamaan,” ujar Bima.

Ia juga mengajak para jemaat untuk ikut mendoakan para korban musibah bencana alam. “Natal kali ini berjalan di tengah-tengah sebagian warga kita sedang menghadapi cobaan karena bencana angin puting beliung. Saya berharap sama-sama kita doakan dan tetap menjaga kekhidmatan perayaan Natal supaya korban tetap tabah, pulih dari bencana. Pemkot telah mengalokasikan anggaran maksimal Insya Allah bisa terselesaikan dengan baik,” pungkasnya. (adt/pri/bdn)

 

Bagaimana Komentar Kamu?