Surat Albert Einstein Soal Tuhan Terjual Rp 41,7 Miliar

Albert Einstein saat memberikan kuliah di Wina pada 1921. (Public Domain)

 

BOGOR DAILY – Sebuah surat tulisan tangan Albert Einstein yang membahas konsep agama, dilaporkan terjual dengan harga fantastis. Hampir US$ 2,9 juta atau sekitar Rp 41,7 miliar.

Menurut laporan BBC, yang dikutip Rabu (5/12), God Letter atau Surat Tuhan milik Albert Einstein itu ditulis pada 1954 dan diperkirakan akan terjual seharga US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21,6 miliar di lelang New York.

Ilmuwan pemenang Hadiah Nobel berusia 74 tahun tersebut menulis catatan satu setengah halaman kepada filsuf Jerman, Eric Gutkind, sebagai tanggapan atas salah satu karyanya.

Surat itu dilihat sebagai pernyataan kunci dalam perdebatan antara sains dan agama.

“Surat pribadi yang sangat jujur ​​ini ditulis satu tahun sebelum kematian Einstein dan tetap menjadi ekspresi yang sepenuhnya diartikulasikan dari pandangan religius dan filosofisnya,” demikian pernyataan dari rumah lelang Christie’s.

Tak diduga, surat tulisan tangan Einstein itu terjual hampir dua kali lipat harga prediksi rumah lelang antara US$ 1 juta hingga US$ 1,5 juta (Rp 14,4 miliar sampai Rp 21,6 miliar).

Dalam surat itu, yang ditulis dalam bahasa aslinya Jerman, Albert Einstein mengomentari soal keyakinan pada Tuhan.

“Kata Tuhan bagi saya hanyalah ekspresi dan produk dari kelemahan manusia,” tulisnya. “Alkitab adalah kumpulan legenda yang mulia, tetapi masih agak primitif.”

“Tidak ada interpretasi, tidak peduli seberapa halus, dapat (bagi saya) mengubah apa pun tentang ini.”

Fisikawan kelahiran Ulm, Jerman, ini juga merenungkan identitas Yahudi, menulis bahwa Yahudi sama seperti semua agama lain: inkarnasi takhayul primitif. (sumber liputan6.com/bdn)

 

 

Bagaimana Komentar Kamu?