Tol Bocimi Gratis Seminggu

 

Foto: Dok. Kementerian BUMN

 

BOGOR DAILY – Seksi I jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan setelah beroperasi tarif tol akan digratiskan.

“Ya di sini pasti belum dikenakan tarif sekarang. Ya setelah satu minggu digunakan baru kena tarif,” kata Basuki di Gerbang tol Cigombong 1, Sabtu (1/12).

Basuki menjelaskan setelah satu minggu beroperasi maka tarif akan diberlakukan Rp 1.000 per kilometer (km).

Dia menambahkan dengan adanya tol Bocimi ini waktu tempuh dari Ciawi ke arah Sukabumi bisa menjadi lebih cepat. “Memang hanya 15 km (seksi 1) dari Ciawi ke Cigombong tapi itu kan ada tempat macet. Kalau tidak lewat tol bisa 1,5 jam dari sana, kalau lewat tol bisa 15 menit jadi sangat cepat, makanya Presiden minta resmikan segera,” ujarnya.

Sebagai informasi, Proyek Jalan Tol Ciawi – Sukabumi seksi 1 ruas Ciawi – Cigombong diperoleh Waskita pada tahun 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,06 triliun. Jalan Tol Ciawi – Sukabumi seksi 1 ruas Ciawi – Cigombong memiliki 3 (tiga) Gerbang Tol (GT). Yakni GT Ciawi Selatan, GT Caringin dan GT Cigombong I.

PT Waskita melalui anak usahanya Waskita Toll Road secara bertahap mengambil alih kepemilikan jalan tol-jalan tol yang sebelumnya dikuasai MNC Toll Road.

Pada Februari 2015, groundbreaking dilakukan untuk konstruksi seksi I jalan tol Bocimi dengan rute Ciawi-Cigombong. Groundbreaking kali ini menjadi yang terakhir karena sejak saat itu pekerjaan fisik jalan tol mulai benar-benar menunjukkan wujudnya. (sumber detikcom/bdn)

Bagaimana Komentar Kamu?