Anggota Muda XVIII Mapala Djuanda Dibelaki Aplikasi Rafting

 

BOGORDAILY – Kegiatan alam bebas selalu menyedot minat anak muda di zaman sekarang. Namun, jika tidak dibekali sejumlah pengetahuan dan keterampilan melakukan kegiatan di alam bebas dapat membahayakan diri sendiri. Karena itu Mapala Djuanda memberikan sejumlah pelatihan dan pembekalan bagi anggota baru. Pada kesempatan itu anggota muda wajib mengikuti kegiatan Aplikasi.

Kali ini Mapala Djuanda mengadakan kegiatan aplikasi rafting di sungai ciliwung, Bojong gede, Bogor. Kegiatan ini berlangsung selama 2 pada Sabtu (23/2/19) hingga Minggu (24/2/19). Kegiatan aplikasi rafting kali ini Mapala Djuanda, bekerjasama dengan Yayasan Lintas Sungai Abadi ( YALISA ), yang memberikan arahan kepada peserta selama kegiatan.

Sesuai konsep kegiatan dihari pertama, kegiatan terfokus pada materi dasar arung jeram seperti teknik dayung, Water Rescue, renang jeram, pengarungan jarak dekat dll.

Sedangkan pada hari ke dua di para anggota muda pengarungangi aliran sungai berjarak sekitar 6.3 KM.

Selain mendapat pelatihan dasar arung jeram, anggota muda juga harus bisa melakukan manajemen kegiatan dengan baik, kebersamaan, kekompakan, kepemimpinan, dengan penuh rasa semangat dan tanggung jawab.

salah seorang Anggota Muda XXVIII Mapala Djuanda M. Riski Firdaus,  menyampaikan pentingnya mengikuti kegiatan ini karena peserta mendapatkan pengalaman dan wawasan baru, tentang kegiatan arung jeram.

“Kegiatan aplikasi rafting ini sangat luar biasa, Kita benar-benar mendapatkan wawasan baru, diajarkan banyak hal, seperti cara melakukan pengarungan yang baik, renang jeram, water rescue dll. Menurut saya pengetahuan ini sangat penting untuk kita ketahui sebab, tanpa kita sadari hal ini berguna untuk diri sendiri dan orang lain,”  tutur Gondrong, sapaan akrabnya.

Selama kegiatan berlangsung anggota muda begitu bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan baik ketika diberikan arahan maupun pada saat mempraktekan setiap materi yang di sampaikan.

Tidak hanya mengarungi sungai, para Anggota Muda Mapala Djuanda dan team Yalisa juga melakukan operasi bersih Sungai Ciliwung, selama jalur pengarungan. Hal itu perlu di lakukan karena untuk menambah rasa cinta terhadap alaman, yang menjadi tanggung jawab besar bagi sebagai masyarakat.

Diharapkan pada kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian kepada masyarakat lainnya bahwa kebersihan sungai sangat lah penting dalam kehidupan, pemanfaatan aliran sungai  tentu akan lebih besar ketika aliran sungai tersebut bersih dan asri.(saepudin/bdn)

 

Bagaimana Komentar Kamu?