Kawasan Sekitar The Sultan Hotel, Steril Selama Debat Cawapres

Foto: Pengamanan di sekitar Hotel Sultan (Arief-detikcom)

 

BOGORDAILY – Saat debat calon wakil presiden (cawapres) petugas keamanan dari TNI-Polri akan sterilisasi lokasi debat. Masyarakat yang tidak memiliki undangan VVIP atau VIP tidak bisa berada di sekitar kawasan The Sultan Hotel.

“Kalau kemarin ada screen (layar nonton bareng) suporter, sekarang tidak ada screen. Namun demikian di areal suporter debat kemarin, tetap dilakukan pengamanan. Pintu saat pelaksanaan adalah dua pintu di Gatot Subroto yang langsung ke area debat. Akses GBK hanya satu yaitu Pintu 10,” ucap Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat, saat sambutan di apel pengamanan, di lapangan Pospol Parkir Timur, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (17/3/19).

Apel dilakukan oleh personel gabungan baik TNI maupun Polri. Setelah itu, petugas kemanan akan langsung lakukan sterilisasi.

“Untuk pengunjung, bukan debat tapi ke GBK. Maka tidak bisa belok kiri (menuju area debat). Semua steril,” kata Wahyu.

Wahyu menyebut personel yang dikerahkan untuk pengamanan di lokasi sebanyak 4.447 personel gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, ada 800 personel cadangan yang siaga di lokasi.

“Pengamanan ini melibatkan sekitar 4.447 personel. Di dalamnya, ada rekan TNI Polri, Dishub, dan Pemda,” ucap Wahyu.

Wahyu meminta ada patroli keliling dilakukan oleh aparat keamanan. Dengan begitu, bisa mendeteksi dini gangguan keamanan.

“Siapkan patroli pemotor dan jalan. Saat sepanjang waktu debat, patroli jalan dari pintu 10 sampai ujung Parkir Timur dijalankan,” kata Wahyu.

Selain itu untuk pengamanan pintu masuk debat, petugas keamanan harus pastikan pemeriksaan pengunjung. Khususnya yang pengunjung yang tidak dilengkapi dengan pengawalan.

“Pemeriksaan detail, pintu masuk VIP dan VVIP. Kalau rombongan sudah dilakukan pengawalan, pengawalan sudah baik. Apabila tidak ada pengenal beri pemeriksaan dengan baik. Termasuk side door sebelum ruang debat,” ucap Wahyu. (detikcom/bdn)

Bagaimana Komentar Kamu?