Sinar Mas Land Gelar Indonesian Youth Robot Competition di ICE BSD City, Sebuah Kompetisi Robotic Anak Terbesar di Indonesia

Indonesia Youth Robot Competition 2019 dibuka oleh Yonas Yasahardja, Group CEO Associate dari Sinar Mas Land (kanan) bersama Firdiansyah, Ketua Indonesia Youth Robot Asociation (kiri) pada Minggu, 14 April 2019 di ICE, BSD City.

 

BOGORDAILY – Sinar Mas Land bersama Asian Robotic Competition Committee dan Racer Robotic menggelar kompetisi robotik terbesar di Indonesia bertajuk Indonesian Youth Robot Competition (IYRC) di ICE BSD City. Lomba ini merupakan ajang bagi anak-anak untuk mengasah kemampuan sejak dini di bidang Science Technology,Engineering dan Math (STEM). Kompetisi ini juga berguna untuk melatih kerjasama tim, percaya diri serta mengasah kemampuan berpikir logis pada anak-anak. Mereka ditantang untuk memiliki kreatifitas dan kemampuan teknologi, serta menjadi problem solver. Acara ini juga menjadi sarana untuk melatih entrepreneurship skill berbasis teknologi, atau sering kita kenal dengan istilah Technopreneur.

Indonesia Youth Robot Competition 2019 dibuka oleh Yonas Yasahardja, Group CEO Associate dari Sinar Mas Land (kanan) bersama Firdiansyah, Ketua Indonesia Youth Robot Asociation (kiri) pada Minggu, 14 April 2019 di ICE, BSD City.

IYRC memiliki beberapa kategori unggulan seperti yang dilombakan pada tahun-tahun sebelumnya, antara lain: Robot Soccer, kompetisi robot dimana setiap tim ditantang untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan beragam teknik dan strategi hingga mencetak gol dengan menggunakan robot. Kinder Mission adalah ketangkasan berhitung dengan cara menjawab soal matematika dengan gerakan robot. Push Push Sumo adalah strategi bagaimana robot bertahan di area kompetisi dengan cara mengeluarkan lawan dari arena lomba. Humanoid Mission Game adalah kompetisi dimana robot diwajibkan melewati rintangan track berbahaya dan mencapai Finish dengan cepat serta memindahkan benda tertentu. Creative Robot adalah lomba untuk membuat karya aplikatif berbasis robotic dengan tema pilihan juri. Selain itu, terdapat beberapa kategori baru, yaitu: IoT Games, Super Maze Solving Game, Brick Speed, Volley Ball dan Drone Mission.

Pertunjukan Humanoid Dancing Show, dimana robot dirancang untuk memimik gerakan manusia.

IYRC memberikan kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk bersaing di tingkat dunia dengan membuktikan bahwa penerus bangsa ini mampu menciptakan robot-robot yang tak kalah dengan negara-negara lain. Tahun lalu, pemenang IYRC didelegasikan untuk berkompetisi di International Youth Robot Competion 2018 di Beijing, China. Tim yang terdiri dari empat siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tangerang Selatan kemudian berhasil membawa pulang dua predikat juara I (Gold Prize) dalam kategori Humanoid Mission dan Creative Design setelah bersaing dengan competitor dari 15 negara lain.

Pemenang dalam kompetisi tahun ini juga akan difasilitasi oleh Sinar Mas Land dan RACER Robotic untuk mewakili Indonesia di ajang International Youth Robot Competition 2019 yang akan berlangsung di Korea Selatan pada 7-10 Agustus 2019 dengan peserta dari 20 negara. Dengan diselenggarakannya perhelatan akbar berskala nasional ini, diharapkan anak-anak Indonesia dapat bersaing di era digital yang dipenuhi dengan perkembangan high-technology seperti saat ini.

IYRC sendiri dipersembahkan oleh Sinar Mas Land sebagai bagian dari program untuk mewujudkan sebuah ekosistem digital dan tekhnologi di BSD City yang kini tengah bertransformasi menjadi Integrated Smart Digital City. Di BSD City saat ini juga sedang membangun Digital Hub, sebuah kawasan seluas 26 Ha yang akan dijadikan tempat berkumpulnya komunitas teknologi, digital, animasi, dunia kreatif, pusat pelatihan dan pusat inovasi seperti kawasan Silicon Valley yang berada di Amerika Serikat. Beberapa nama besar telah menunjukkan komitmennya untuk membuka kantornya di kawasan Digital Hub seperti: Apple, HuaWei, Orami Bilna, Sale Stock dan Binar Academy.

Pertunjukan Humanoid Dancing Show, dimana robot dirancang untuk memimik gerakan manusia.

Irawan HarahapProject Leader Digital Hub Sinar Mas Land mengungkapkan, “Teknologi merupakan salah satu fokus kami dalam transformasi BSD City sebagai the first integrated smart digital city. Kami tidak hanya menaruh perhatian pada teknologi itu sendiri, tapi juga pada para digital talent. Kami bangga dapat mewadahi talenta-talenta muda, dan secara garis besar menjadi tempat berkumpulnya para komunitas teknologi serta menjadi tuan rumah berbagai acara di bidang teknologi. Sinar Mas Land akan terus mendukung perkembangan teknologi digital. Komitmen kami diwujudkan lebih lanjut dengan mengembangkan Digital Hub, sebuah kawasan yang didedikasikan untuk kemajuan ekonomi digital di Indonesia.”

BSD City saat ini kerap menjadi tuan rumah sejumlah event dibidang IT (Information Technology) bertaraf nasional dan internasional diantaranya IESE (Indonesia E-Commerce Summit and Expo) serta Indonesia Fintech Festival and Conference.

Kategori Robot Soccer dimana setiap tim ditantang untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan beragam teknik dan strategi hingga mencetak gol dengan menggunakan robot.

 

Tentang Indonesian Youth Robot Competition (IYRC)

Indonesia Youth Robot Competition/IYRC  2019 adalah kompetisi  tahunan robotic anak  berskala  nasional  yang digelar  oleh Asian Robotic Competition Committee dan Racer Robotic dalam kerjasama dengan  Sinar Mas Land. Acara IYRC ke-5 ini bertema “My Robot Helps Us”, dengan pilihan kategori yang diadaptasi dari lomba robotic international; Robot Soccer, IoT Games, Kinder Mission, Super Maze Solving, Push Push Sumo, Creative Maker, Humanoid Mission, Volley Ball dan Drone Mission. Kompetisi ini terdiri dari 3 level yaitu TK, SD dan SMP-SMA. Lomba ini dihadiri lebih 500 anak dari seluruh sekolah di kota-kota besar di Indonesia.

Tentang “Digital Hub”

Sinar Mas Land saat ini tengah menggarap Digital Hub” sebuah area yang ditujukan untuk komunitas digital mulai dari startup company,tech company, dan  institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT. Digital Hub memiliki area seluas 25,86 Ha dan terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Proyek yang bergengsi ini dikembangkan dengan dana sebesar Rp 7 triliun dan akan dibangun secara secara bertahap. Tahap pertama dimulai dengan sebuah gedung perkantoran dengan konsep hi-tech 2017 yang ditargetkan selesai pada 2020 mendatang. Saat ini sejumlah perusaahan yang bergerak di bidang IT telah berkantor di kawasan Green Office Park seperti Apple Inc., Huawei, Sales Stock, Ev Hive, Orami. 99.co, Purwadihika Coding School, serta WGS Hub.

Kegiatan robotik yang identik dengan laki-laki, kini banyak digemari juga oleh anak perempuan.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia.  Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti World FIABCI Prix d’excellence Award di Cyprus (2011), Taichung (2013) & Kuala Lumpur (2015), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012, 2013, 2015), Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2014),dan FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hongkong (2017).

 

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan,  dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation,Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe. (*/bdn)

 

Bagaimana Komentar Kamu?