25 Mahasiswa IPB Terima Bea Siswa dari BCA

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Sebanyak 25 mahasiswa serta mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB), mendapatkan beasiswa dari Bank Central Asia (BCA), melalui program bakti BCA tahun 2019. Penyerahan beasiswa dilaksanakan di lantai 4 gedung BCA Bogor, Jalan Juanda, Kamis (5/9/19).

Kepala Kanwil BCA, Djoko R Mijaata mengatakan, penyerahan beasiswa bakti BCA kepada para mahasiswa dan mahasiswi IPB yang berprestasi dan terpilih, merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan BCA. Bantuan beasiswa itu berasal dari dana CSR yang juga dilakukan terhadap bidang lain, bukan hanya bidang pendidikan. Ada sosial, kemasyarakatan, pembangunan dan lainnya yang ditunjukan untuk kemajuan bangsa.

Read More

Untuk menunjang pendidikan di Indonesia butuh peranan dari seluruh kalangan. BCA melalui bakti BCA ingin mewujudkan peranan tersebut. Seperti diketahui bahwa bakti BCA sudah melakukan hal ini sejak tahun 2009 hingga tahun 2019 ini. Dalam menghadapi persaingan global internasional, diperlukan kemajuan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing, sehingga BCA berperan memajukan pendidikan tersebut.

“Apa yang diberikan oleh BCA melalui bakti BCA ini, semoga bermanfaat bagi mahasiswa dan mahasiswi berprestasi dan unggulan ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada IPB yang bekerjasama dalam penyerahan beasiswa ini,” ucap Djoko.

Lanjut Djoko, BCA juga terus menyalurkan bantuan secara rutin diseluruh Indonesia. Untuk bidang pendidikan, sejumlah universitas yang menerima beasiswa dari bakti BCA diantaranya, ITB, Unpad, UGM, UI, dan IPB. “Kesempatan mereka masuk ke perguruan tinggi terhambat masalah biaya, tetapi dengan adanya beasiswa ini bisa terfasilitasi dan mereka bisa menikmati pendidikan yang lebih tinggi,” jelasnya.

Sementara, Kepala sub direktorat pembinaan karakter direktorat kemahasiswaan dan pengembangan karir IPB, Beginer Subhan, menyebutkan, untuk tahun 2019 ini ada 25 orang mahasiswa dan mahasiswi IPB yang mendapatkan beasiswa dari BCA. Ini merupakan beasiswa prestasi bagi para mahasiswa berprestasi yang meraih IPK diatas 3 dan selalu mempertahankan prestasinya selama dua semester. Mayoritas yang mendapat beasiswa dari fakultas teknologi pertanian, walaupun semua fakultas juga diikutsertakan mendapatkan beasiswa ini.

“Dengan program bakti BCA ini sangat bagus karena bukan hanya memberikan beasiswa tetapi pengembangan dini yang memberikan manfaat besar bagi mahasiswa. IPB sangat terbantu dengan program beasiswa ini karena selaras dengan pusat pengembangan karir yang sudah dijalankan IPB,” ungkapnya.

Mulai tahun ini di IPB ada pelatihan pelatihan bagi mahasiswa baru untuk meningkatkan pengembangan karakter, skill dan penyesuaian kampus. Beasiswa yang didapatkan dari program bakti BCA ini sangat membantu untuk pembiayaan mahasiswa. Setiap tahun para penerima beasiswa ini mendapatkan uang Rp10 juta yang bisa dipergunakan untuk membayar kebutuhan mereka. “Secara keseluruhan, mahasiswa IPB yang mendapatkan beasiswa ada sekitar 9 ribuan, termasuk program Bidik Misi yang merupakan program dari pemerintah. Ada juga perhatian dari pihak swasta, kalangan alumni dan perseorangan. Untuk program bakti BCa ini merupakan rutin setiap tahun dan kami sangat berterima kasih kepada BCA,” tandasnya.

Beginer menambahkan, IPB saat ini meraih prestasi sebagai tiga besar sebagai universitas terbaik di Indoensia. Menjadi juara dua di pekan ilmiah nasional mahasiswa. Pelayanan mahasiswa studen service center merupakan yang terbaik di Indonesia, dan juara dua untuk pernghargaan Kemenristek Dikti terkait pengembangan komersialisasi dan kekayaan intelektual.

“Dengan beasiswa dari BCA ini, semoga memberikan manfaat dan mahasiswa bisa memberikan kontribusi bakat, pengembangan kemampuan mahasiswa serta mampu menjadi mahasiswa unggulan dalam menghadapi kemajuan masa mendatang,” tutupnya. (bdn)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *