Bocah SD Tolak Pembongkaran Rumah di Naringgul

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Pembongkaran bangunan di Kampung Naringgul, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor mendapat penolakan dari warga sejak pagi hari, Rabu (4/9/19). Penolakan juga dilakukan oleh anak-anak yang masih mengenakan seragan sekolah. mereka membawa bendera yang dipasang setengah tiang.

Pantauan Metropolitan.id, anak-anak tersebut juga membawa spanduk yang berisi penolakan pembongkaran. Mereka kebanyakan masih mengenakan seragam SD. Mereka merasa bersedih tempat tinggalnya bakal digusur.

Read More

“Jangan digusur, jangan. Nanti kami tinggal di mana,” teriak salah seorang bocah.
Tak hanya bocah, kaum ibu juga ikut pasang badan menolak pembongkaran. Mereka berkumpul membentuk barisan sambil membentangkan poster penolakan.

“Kemarin perjanjian satpol PP yang mau dibongkar hanya kamar-kamar saja, masyarakat sudah menyerahkan. Tapi masyarakat minta rumah tidak dibongkar, tapi kenyataanya semuanya mau dibongkar. Jadi warga mempertahankan hak-haknya,” kata salah seorang warga di lokasi, Pepen.


Selain memasang badan dan spanduk, warga juga membakar ban di sisi jalan raya Puncak Bogor di sekitaran Kampung Naringgul. Kepulan asap hitam membumbung ke udara diiringi terikan warga yang menolak digusur.
“Pengahadangan ini untuk mempertahankan hak-hak karena belum ada kejelasan. Kalaupun mau dikasih uang kerohiman, berapa? Sampai saat ini kami belum tau. Tuntutan hari ini kami minta kejelasan. Kami minta ada hitam di atas putih,” tegasnya.

Sempat terjadi ketegangan antara warga dan petugas yang hendak memadamkan api. Hingga saat ini, petugas masih melakukan negosisasi dengan perwakilan warga.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketertiban Umum pada Satpol PP Kabupaten Bogor Ruslan mengaku ada sekitar 25 bangunan semi permanen yang bakal ditertibkan hari ini. Sebagian besar bangunan merupakan tempat tinggal di atas lahan milik negara.

“Kita akan gunakan dua alat berat untuk eksekusi penertiban,” ujarnya. (metropolitan.id/bdn)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *