Indonesia dan Argentina Sepakati Kerjasama Perdagangan Senilai US$ 3,4 Miliar

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Tiga anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI bertolak ke Argentina, untuk melakukan pertemuan dengan Ketua Ketua Friendship Group Indonesia – Argentina di Buenos Aires, Selasa (2/9/19). Pertemuan bilateral itu disepakati kerjasama meningkatkan perdagangan sebesar dua kali lipat pada 2021 mengingat potensi perdagangan kedua negara yang cukup besar. Pada 2018, nilai perdagangan Indonesia dan Argentina tercatat sebesar US$ 1,7 miliar. Dengan target peningkatan kerja sama, pada 2021 diharapkan dapat terjadi keseimbangan perdagangan hingga sekitar US$ 3,4 miliar.

Ketiga anggota BKSAP DPR RI terdiri dari Achmad Farial, dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan saat ini membidangi Komisi VII mengenai Energi Sumber Daya Mineral, Riset & Teknolog, Dwie Aroem Hadiatie dari fraksi Partai Golkar, Anggota Komisi VI yang membidangi urusan perdagangan, industri, investasi, koperasi, usaha kecil dan menengah serta BUMN serta Amelia Anggraini dari fraksi Partai Nasdem, Anggota Komisi IX yang membidangi urusan kependudukan, kesehatan dan tenaga kerja.

Read More


Melalui keterangan persnya kepada bogordaily.net, dihadapan Ketua Chamber of Deputies Argentina Emilio Monzó, Farial menjelaskan bahawa lobi yang dilakukan antar parlemen dapat menunjang pencapaian kepentingan nasional kedua negara, terutama untuk memperoleh saling dukung antarnegara dalam forum internasional yang selama ini telah berjalan dengan baik.

Farial mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk membina, mengembangkan, dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara Indonesia-Argentina melalui parlemen, mengingat lobi yang dilakukan antar parlemen dapat menunjang pencapaian kepentingan nasional kedua negara, terutama untuk memperoleh saling dukung antarnegara dalam forum internasional yang selama ini telah berjalan dengan baik.


Pada kesempatan itu anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI
menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Parlemen dan segenap masyarakat Argentina atas keramah-tamahan dan sambutan yang begitu hangat.
“Kami sangat mengapresiasi komitmen yang dibangun oleh Argentina, yang dimana sejak tahun 1956 telah membangun hubungan bilateral yang erat dengan Indonesia,” kata Farial.


Dikatakan Farial, kedua negara memiliki komitmen kuat dalam mempererat dan meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang seperti perdagangan, pertanian, ekonomi, pendidikan, olahraga, infrastruktur, dan utamanya adalah kerja sama antar parlemen yang selama ini telah dilakukan antara DPR RI dengan Chamber of Deputies Argentina. Penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Argentina juga semakin diperkuat dengan dibentuknya Grupo Parlementario De Amistad Con Indonesia, Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Parlemen Argentina. (bdn)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *