Komunitas Ciliwung Puncak Bangun Hutan Sosial

  • Whatsapp
Ketua Komunitas Ciliwung Puncak Tedja Kumus (Tengah), bersama , Kelompok Tani, DLHK Kabupaten Bogor dan Pengmas Universitas Indonesia. secara simbolis melakukan penanaman Kopi di Balekambang, Cibeureum Cisarua Bogor, Rabu (11/9/19).

BOGORDAILY – Komunitas Ciliwung Puncak_ bersama masyarakat, Kelompok Tani, DLHK Kabupaten Bogor dan Pengmas Universitas Indonesia. Melakukan giat penanaman pohon Bambu dan Kopi di daerah Balekambang, Cibeureum Cisarua Bogor. Program ini merupakan lanjutan *Gerakan Pengurangan Run Off (G-PRO)* air dan *program Suaka Penyangga Balekambang* pada Rabu (11/9/19).

Komunitas Ciliwung Puncak bersama masyarakat, Kelompok Tani, DLHK Kabupaten Bogor dan Pengmas Universitas Indonesia.

Areal pada ketinggian di atas 1000mdpl seluar kurang lebih 2 hektar yang saat ini banyak ditumbuhi tanaman Pakis serta Gambut merupakan benteng terakhir di kawasan Puncak yang masih bisa dan mungkin diselamatkan menjadi daerah penyangga Taman Nasional Gede- Pangrango bahkan penyangga Jabodetabek.
Ketua komunitas Rungkun Awi Tedja Kusumah, menjelaskan kawasan tersebut diharapkan menjadi hutan sosial yang ditanami Bambu serta Kopi. “Selain dapat menopkang ekonomi masyarakat, lingkungan dikasawan tersbut masih dapat diselamatkan sebagai kawasan resapan air,” terang Tedja. (hen/dik/bdn)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *