Thursday, 28 March 2024
HomeKabupaten BogorP2TP2A Ajak Tekan Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Kabupaten Bogor

P2TP2A Ajak Tekan Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Kabupaten Bogor

BOGORDAILY – Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Anak dan Perempuan () , ajak puluhan pengurus dan relawan perlindungan anak dan perempuan lakukan pelatihan di Hotel Gumilang, Cipayung, kamis (19/9/19). Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan keterampilan, dalam menangani dan mengurangi kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan di .

Ketua Wanoja Mitandang , Euis K Hidayat mengatakan, kegiatan pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik pengurus dan relawan. Serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam mengangani kasus yang dihadapi.

“Kami berharap pelatihan ini bisa memperluas jejaring. Semakin banyak jejaring ini akan mempermudah kita mengurangi kekerasan yang terjadi terhadap anak dan perempuan. Jejaring kita alhamdulilah sudah bertambah, di Cileungsi, Cibungbulang, Ciawi, dan Bojonggede,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DP3AP2KB , Chaerudin Felani menjelaskan, perempuan dan anak di Indonesia termasuk masih rawan menjadi korban kekerasan. Tahun 2019 ini pihaknya bekerja sama dengan telah menangani kasus kekerasan terhadap perempuan sebanyak 43 kasus, dan kekerasan terhadap anak sebanyak 73 kasus.

“Salah satu  solusi pencegahan kasus ini, dengan meningkatkan kesadaran perempuan akan hak dan kewajibannya didalam hukum melalui pelatihan dan penyuluhan. Selain itu, gerakan global “He For She” yang melibatkan kaum laki-laki dalam penyelesaian persoalan tidak kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ungkap pria yang akrab disapa felani.

Menurutnya, pelibatan kaum laki-laki diharapkan dapat memperkuat daya tahan ekonomi sosial perempuan dan anak melalui ketahanan dalam berkeluarga. Oleh karena itu dibutuhkan sinergi semua pihak untuk bertindak menghentikan praktek kekerasan.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan, pengetahuan, wawasan dan keterampilan. Serta dapat meningkatkan kerjasama sehingga kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat diminimalisir dan diakhiri,” tukasnya.

Dalam kegiatan ini juga beberapa narasumber hadir memberikan pelatihan yakni, dari Komnas Perempuan RI, Kejari Cibinong, Polres Bogor, dan LBH Apik Jakarta. (Dewi/Diko/Diskominfo )

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here