TPS Ini Sediakan 2.300 Bakso Gratis untuk Pemilihan Kepala Desa

  • Whatsapp
Bakso untuk pemilih di pilkades serentak Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo)

BOGORDAILY – Banyak cara unik dilakukan untuk mendongkrak angka kedatangan pemilih pada pilkades serentak. Ini seperti tampak di TPS (tempat pemungutan suara) Desa Sedeng, Pacitan. Panitia menyediakan 2.300 porsi bakso bagi pemilih yang sudah memberikan suara.

“Harapannya masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya. Bisa lebih tertarik (mencoblos) sehingga bisa menyalurkan hak pilihnya sesuai kehendak masing-masing,” kata Joko Susanto Prasetyo, Ketua Panitia, Senin (14/10/19).

Read More

Pantauan detikcom pelataran TPS di jalan alternatif Pacitan-Solo itu masih dijejali warga. Mereka antre mendapat panggilan mencoblos. Satu per satu nama yang dipanggil panitia lalu bergeser menuju bilik suara. Letaknya di dalam balai desa.

Pemilih yang sudah memberikan suara langsung keluar melalui pintu depan. Penjagaan oleh aparat keamanan bersama linmas desa cukup ketat. Sebelum para pemilih tiba di jalur keluar, mereka disambut deretan meja. Di atasnya tersaji bakso yang diracik di mangkok.

Monggo, monggo silakan. Badhe didhahar mriki nopo diasta kondur (Mau dimakan di sini apa dibawa pulang)?” ucap perempuan berjilbab penjaja bakso.

Maya Dea Maharani (18), seorang pemilih asal Dusun Mloko langsung menyambut tawaran itu. Diraihnya satu mangkok bakso. Dia lantas minta si pelayan menuangkan kuah dari panci yang terletak di samping meja. Tak lupa dia tambahkan kecap dan sambal.

“Sambil nunggu Ibu mencoblos, makan (bakso) dulu,” katanya.

Lain lagi dengan Bayu (19). Remaja tersebut memilih membawa pulang jatah bakso yang diterimanya. Pasalnya, sebelum berangkat ke TPS dirinya sudah sarapan di rumah. Jadi, kata Bayu yang datang bersama seorang rekannya, bakso tersebut akan dijadikan menu makan siang di rumah.

“Dimakan di rumah aja, Mas. Nanti buat makan siang,” ucapnya terkekeh sembari menghidupkan mesin motor.

Pilkades Desa Sedeng diikuti 3 calon. Adapun Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 2.232 orang. Mereka berasal dari 8 dusun. Hingga pukul 10.30 WIB angka kehadiran diperkirakan mencapai 70 persen. Panitia sendiri mematok angka partisipasi pemilih hingga 90 persen.

Secara terpisah Bupati Indartato memuji tingginya partisipasi pemilih. Bahkan saat meninjau TPS di Desa Sambong, orang nomor satu di Kota 1001 Gua tersebut betah duduk hingga setengah jam lebih. Dia mengimbau pilkades di Pacitan berjalan tertib dan aman.

“Saya kira kehadiran pemilih luar biasa ya. Ini sangat membanggakan. Mudah-mudahan semuanya lancar sampai selesai,” kata Pak In. (detikcom/bdn)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *