Health Talk Makanan Sehat VS Makanan Enak Bersama Ahli Gizi RS Azra

  • Whatsapp

BOGOR DAILY – Makanan sehat merupakan asupan yang penting untuk setiap orang. Sejak dahulu sudah disebutkan 4 sehat 5 sempurna guna memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Namun kali ini sudah di perbaharui dengan istilah “menu seimbang”. Dimana komposisi dalam setiap porsi makan harus terpenuhi mulai dari karbohidrat, protein, lemak nabati, lemak hewani, dan serat.

Read More

“Makanan enak belum tentu sehat. Namun makanan sehat belum tentu tidak enak.” ungkap Putri Dwi, narasumber dan ahli gizi RS Azra.

Makanan sehat dapat di olah menjadi makanan enak, contoh seperti salad, salad merupakan menu makanan yang sehat, akan tetapi dapat berubah menjadi makanan yang kurang sehat karena menggunakan salad dressing yang cukup banyak, walaupun rasanya akan menjadi enak.


Salad dressing merupakan olahan mayonaise yang mengandung telur dan tinggi lemak. Tanpa disadari, menu makanan yang sehat dapat berubah karena kuantitas akan suatu komposisi dalam jumlah yang cukup banyak.

“Untuk tetap terasa enak, boleh kok tetap ditambahkan, hanya saja di ukur agar tidak berlebih.” tambahnya.


Untuk menyeimbangi menu makanan sehat, hindari mengonsumsi kulit ayam. Cukup makan dagingnya saja. Hal ini akan meningkatkan kolesterol tinggi, apalagi jika di olah dengan cara di goreng.

Namun jika menemukan menu kentang rebus, kacang-kacangan seperti kacang hijau, sangat disarankan untuk mengonsumsi kulitnya dikarenakan tinggi akan serat.

Usahakan selalu menambahkan menu sayuran dalam setiap porsi makan, bahkan perbanyak untuk meningkatkan serat dalam setiap asupan makan.

“Diet boleh, tapi pada dasarnya dalam sehari, tetap harus makan sebanyak 3 kali, ditambah makan penunjang 2 kali diantara sarapan sampai dengan makan siang dan diantara makan siang dan makan malam. Porsi dan kandungan makanannya cukup diatur sesuai kebutuhan.” tutupnya.

Rumah Sakit AZRA memiliki poli konsultasi yang dibuka setiap senin – sabtu pukul 11.00 – 13.00 bagi masyarakat yang butuh mengetahui asupan ideal bagi tubuhnya masing-masing untuk setiap porsi makannya. Terutama bagi masyarakat yang memiliki rencana diet, untuk mengonsumsi makanan sehat namun tetap bercita rasa enak. Terdapat paket-paket catering bagi yang cukup padat akan aktifitas sehari-hari. (/rsa)

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *