Real Madrid Vs Shakhtar Donetsk: Los Blancos Tumbang 2-3

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Real Madrid membuka Liga Champions 2020/2021 dengan kekalahan. Los Blancos sempat tertinggal tiga gol lebih dahulu sebelum akhirnya kalah dari Shakhtar Donetsk 2-3.

Madrid menjamu Shakhtar di Stadion Alfredo Di Stefano dalam pertandingan Grup B, yang tuntas Kamis (22/10/2020) dinihari WIB. Tim tuan rumah gagal mengimbangi permainan Shakhtar di babak pertama dengan kemasukan tiga gol dari Tete, Raphael Varane (own goal), dan Manor Solomon.

Di babak kedua, Madrid yang memasukan beberapa pemain intinya bermain lebih agresif. Si Putih sempat memelihara asa dengan mencetak dua gol balasan dari Luka Modric dan Vinicius Junior. Namun, mesti mati-matian menggempur Shakhtar, Madrid tetap tidak terhindar dari kekalahan.

Dengan hasil ini Madrid untuk sementara menempati posisi buncit klasemen Grup B dengan nol poin. Sedangkan Shakhtar di urutan pertama dengan koleksi tiga poin.

Madrid akan bertandang ke Borussia Moenchengladbach di matchday kedua sepekan lagi. Shakhtar akan kedatangan Inter Milan.

Jalannya Pertandingan

Real Madrid langsung mengambil inisiatif menyerang sejak menit-menit awal. Sebuah peluang tercipta ketika pertandingan bergulir empat menit. Kombinasi Marcelo dan Marco Asensio diakhiri dengan sebuah tembakan keras dari sisi kiri kotak penalti, meski bisa ditepis.

Serangan balik Shakhtar nyaris membobol Real Madrid. Di menit ke-14, sebuah umpan panjang dari lapangan tengah membebaskan Marlos. Dalam situasi one-on-one, sepakan Marlos diselamatkan Thibaut Courtois.

Di menit ke-29, Shakhtar membuka skor! Viktor Korniienko meliuk-liuk untuk menusuk kotak penalti Madrid. Dalam kawalan Marcelo, Korniienko mengirim umpan diagonal mendatar yang dituntaskan Tete dengan sepakan ke pojok bawah gawang Madrid. Shakhtar memimpin 1-0.

Baca Juga  Sering di Rumah Saat Pandemi, Olla Ramlan Membuat Produk Kecantikan

Madrid melewatkan sebuah peluang emas untuk mencetak gol balasan semenit kemudian. Marcelo mengirim umpan matang kepada Luka Jovic, tapi sundulannya masih terlalu lemah sehingga dengan mudah ditangkap Anatolii Trubin.

Shakhtar cuma butuh empat menit untuk memperbesar keunggulannya menjadi 2-0. Shakhtar diuntungkan karena gol bunuh diri bek tengah Madrid Raphael Varane.

Diawali dari serbuan Shakhtar di sisi kiri pertahanan Madrid, Tete melepaskan tembakan keras yang ditepis Courtois. Varane mencoba menjauhkan bola dari jangkauan Dentinho tapi justru masuk ke gawang Madrid.

Madrid kian remuk menjelang turun minum. Shakhtar kini unggul 3-0 di menit ke-42.

Manor Solomon membuat lini pertahanan Madrid kocar-kacir, lalu mengirim operan kepada Tete. Kerja sama satu-dua itu diakhiri Solomon dengan mengecoh Courtois untuk mengirim bola ke sudut bawah gawang Madrid.

Tertinggal jauh, Madrid lebih agresif setelah restart. Real Madrid akhirnya bisa menciptakan gol balasan di menit ke-54. Skor menipis menjadi 1-3 dengan gol Luka Modric. Gelandang Kroasia itu melewati beberapa pemain lawan sebelum melepaskan tembakan keras dari jarak jauh, Trubin bahkan tidak sempat bereaksi.

Keputusan Zinedine Zidane memasukkan Vinicius Jr terbanyar. Belum genap semenit masuk lapangan, Vinicius langsung mencetak gol kedua bagi Madrid sehingga kedudukan kini berubah 2-3 di menit ke-59.

Baca Juga  Klasemen Liga Spanyol: Real Sociedad Masih Teratas, Barcelona Posisi ke-12

Vinicius merebut bola dari lini belakang Shakhtar, lalu melakukan tusukan di kotak penalti sebelum menceploskan bola ke sudut bawah gawang. Game on!

Di menit ke-64, Shaktar hampir saja mencetak gol keempat. Tete lolos dari perangkap offside tapi saat tinggal berhadapan dengan Courtois, sepakannya bisa diredam.

Shakhtar lebih disiplin bertahan sembari mencari peluang melakukan serangan balik. Peluang berbahaya dari Real Madrid saat tandukan Ferland Mendy menyambut umpan silang membentur pemain Shakhtar sebelum bola bersarang di samping gawang Trubin.

Tete berlari di belakang garis pertahanan Real Madrid sebelum melepaskan umpan kepada Marlos, yang diselesaikan dengan tembakan dari muka gawang. Namun, gol itu dianulir karena Tete dalam posisi offside saat menerima umpan.

Di masa injury time, Federico Valverde melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang menembus pertahanan Shakhtar. Namun, gol lagi-lagi dianulir setelah wasit memeriksa melalui VAR. Skor tetap 3-2 untuk keunggulan Shakhtar, yang bertahan hingga laga selesai.

Susunan Pemain

REAL MADRID: Courtois, Marcelo, Varane, Ferland Mendy, Eder Militao, Modric (Kroos 70′), Casemiro, Valverde, Jovic (Vinicius 59′), Asensio, Rodrygo (Benzema 46′)

SHAKHTAR DONETSK: Trubin, Khocholava, Bondar, Dodo, Vornienko, Marlos, Solomon (Vitao 90+2′), Maycon, Marcos Antonio, Tete, Dentinho (Sudakov 86′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *