Yuk Simak! Tips Menjaga Stamina ala Kepala Divisi Medis Bogor Senior Hospital

  • Whatsapp
Dr. I Abhirama, Sp.N, Kepala Divisi Medis Bogor Senior Hospital.

Bogor Daily – Dalam masa wabah alias pandemi seperti saat ini, menjaga kondisi tubuh agar terus fit banyak ragam dan kiatnya. Kali ini Bogor Daily akan memberikan ulasan wawancara bersama Dr. I Abhirama, Sp.N, yang merupakan Kepala Divisi Medis Bogor Senior Hospital, salah satu Rumah Sakit umum di Bogor yang memiliki keunggulan perawatan Geriatri atau layanan prima kesehatan pada orang lanjut usia.

Read More

Menjaga daya imunitas sangat penting, agar kita semua tidak terpapar berbagai macam virus. Menjaga stamina pun sebaiknya harus dengan pengawasan atau konsultasi kepada dokter terlebih dahulu, jangan sampai over dan akhirnya menyebabkan kita jatuh sakit.

Nah, yuk bersama kita simak petikan wawancara secara eksklusif antara Bogor Daily bersama Dr. I Abhirama, Sp.N , berikut ini :

 

*1. Hal pertama, apakah yang harus dilakukan agar stamina kita semua terus terjaga pada masa pandemi seperti saat ini ???…*
Jawaban :
√ Agar stamina kita tetap terjaga, kita harus menjaga pola hidup yang sehat antara lain dengan makan makanan yang bergizi, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup dan berkualitas.

*2. Menjaga stamina pun rasanya harus dikombinasikan dengan asupan gizi yang seimbang. Pada masa pandemi seperti ini, menurut dokter apa yang wajib untuk terus kita konsumsi ???…*
Jawaban :
√ Betul sekali, asupan nutrisi yang seimbang sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh. Semua komponen gizi diperlukan untuk menjaga agar kita selalu sehat, baik karbohidrat, protein, maupun lemak. Satu hal yang harus lebih diperhatikan saat ini adalah asupan vitamin terutama C dan D, karena berperan penting dalam menjaga imunitas.

 

*3. Sebaiknya olahraga apa yang dilakukan saat masa pandemi seperti ini ???…*
Jawaban :
√ Tidak ada olahraga yang khusus untuk situasi pandemi. Semua olahraga baik dilakukan asalkan sesuai dengan kemampuan fisik masing-masing dan tetap menjaga protokol kesehatan (menjaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan).

 

*4. Berikan 3 trik untuk orang lanjut usia dalam menjaga staminanya di masa pandemi saat ini ???…*
Jawaban :
√ Khusus untuk orang lanjut usia, olahraga yang baik adalah jalan kaki atau renang karena tidak membebani sendi lutut dan tulang punggung seperti lari. Sedangkan untuk bersepeda dikuatirkan pada orang lanjut usia ada masalah dengan keseimbangan tubuh dan memiliki risiko jatuh yang lebih tinggi dibandingkan orang yang lebih muda.

 

*5. Jika memang sakit, apakah perlu takut untuk datang berobat bertemu dokter dan datang ke Rumah Sakit ???…*
Jawaban :
√ Jika memang sakit, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan. Yang pertama, jika gejala ringan bisa dicoba minum obat bebas (over the counter drugs). Yang kedua, jika tidak yakin akan apa yang harus dilakukan maka bisa melakukan telemedicine untuk konsultasi dengan dokter dan mendapatkan saran medis. Yang ketiga, jika kondisi merupakan gawat-darurat maka jangan takut datang ke RS karena setiap RS pasti sudah menerapkan protokol kesehatan yang baik di tempatnya masing-masing.

 

*6. Apa alasan untuk datang dan melakukan pengobatan dari sakit di Bogor Senior Hospital ???…*
Jawaban :
√ Bogor Senior Hospital memiliki instalasi gawat darurat, radiologi, dan laboratorium yang bekerja 24 jam sehari sehingga kapanpun anda memerlukan pertolongan, kami siap membantu.
Selain itu tenaga kesehatan yang ada di BSH memiliki kualitas yang baik, dan khusus untuk dokter kami disupervisi langsung oleh Prof.dr. Suwandhi Widjaja,Sp.PD,Ph.D dan tim Medis BSH demi menjaga pelayanan yang prima kepada pasien-pasien kami.
Ruang perawatan kami memiliki konsep yang berbeda, karena setiap ruangan di BSH mempunyai sirkulasi udara yang sangat baik dan tingkat kebisingan yang rendah karena lokasi ruang perawatan kami terletak jauh dari jalan raya.
Kami juga memiliki 8 ruang perawatan intensif bertekanan negatif dan dipisahkan antara pasien yang satu dengan lainnya (1 cubical, 1 pasien).

 

*7. Mohon berikan 3 kalimat yang dapat memacu semangat dan stamina kita semua pada masa pandemi ini ???…*
Jawaban :
√ Selalu terapkan protokol kesehatan di mana pun kita berada, makan makanan yang bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan berdoa kepada Tuhan untuk memohon perlindungan.
Menurut saya pandemi ini merupakan pemberian Tuhan Yang Maha Baik, yang pasti ada maksud baik di balik semuanya hanya kita saja yang belum bisa memahami.
Tingkatkan keyakinan kita akan kebaikan Tuhan, insyaAllah pandemi ini akan berlalu.

(Red-BDN).

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *