Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaBPJS Kesehatan Cabang Cibinong Buka Layanan Via WhatsApp

BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Buka Layanan Via WhatsApp

BOGOR DAILY – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Cibinong, Kabupaten Bogor melakukan inovasi melalui layanan digital di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Cabang Cibinong Erry Endry mengatakan selama masa adaptasi kebiasaan baru pihaknya mengurangi interaksi tatap muka dengan peserta.

“Pelayanan bagi peserta selama masa normal baru ini  tidak lagi dilakukan dengan tatap muka, tetapi menggunakan sistem,” kata Erry di Cibinong, Rabu (26/11/2020).

Sistem layanan ini menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) atau dikenal dengan sebutan Pandawa (Pelayanan Administrasi dengan WhatsApp).

“Dengan Pandawa, peserta atau calon peserta bisa mengirimkan dokumen yang dibutuhkan melalui WA. Mereka tidak perlu datang ke sini untuk menghindari kerumunan,” ujar Erry.

Sistem ini membuat proses layanan menjadi efektif dan efisien karena peserta dan calon peserta tidak perlu menghabiskan waktu untuk datang ke kantor di Cibinong

“Peserta atau Calon peserta tinggal kirimkan dokumen yang menjadi persyarat dan akan diproses sampai dia memperoleh manfaat dari layanan kami,” jelasnya.

Lalu, layanan apa saja yang bisa diurus melalui WhatsApp ini?

Riza Pahlefi, Staf Administrasi Kepesertaan Cabang Cibinong mengatakan layanan ini bisa dipakai untuk semua kebutuhan administrasi terkait .

“Pandawa melayani pendaftaran anggota baru (PNS, TNI/Polri), penambahan/pengurangan anggota keluarga, pengaktifan kembali kartu, dan pengaktifan VA (Virtual Account) kadaluarsa,” ujarnya.

Selain ini, layanan ini juga bisa dipakai untuk pindah jenis keanggotaan dari PBI/PPU non aktif menjadi peserta PBPU/mandiri, perbaikan data peserta PBI, ubah data golongan dan gaji (PNS, TNI/Polri) serta ubah faskes kesehatan tingkat pertama (TNI/Polri).

“Layanan Pandawa ini merupakan inovasi baru kami agar masyarakat di Kabupaten Bogor bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan selama pandemi Covid-19,” tutur Riza.

Layanan Pandawa Cibinong ini bisa diakses melalui nomor WhatsApp: 081213070362.

“Warga Kabupaten Bogor bisa menggunakan nomor WA ini untuk berbagai keperluan pengurusan administrasi ,” pungkasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here