Pemkab Bogor Pastikan Usaha Wisata di Puncak Bersertifikasi CHSE

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru, sejumlah pelaku usaha wisata di kawasan Puncak meningkatkan standar protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Hygiene, Healty, and Environment).

CHSE yakni protokol kesehatan dengan standar kebersihan, kesehatan, sanitasi, dan lingkungan yang merupakan program Kementerian Pariwisata dan Kreatif (Kemenparekraf).

Disbudpar Kabupaten Kabupaten (Pemkab) Bogor Muliadi menuturkan, menjelang high season libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Pemkab Bogor telah melakukan langkah untuk meningkatkan kunjungan wisata di Puncak.

Salah satu upayanya yakni memfasilitasi CHSE para pelaku usaha wisata. Salah satu langkahnya yakni melakukan Training of trainers (ToT) kepada 170 yang diperuntukkan bagi karyawan atau anggota pelaku usaha wisata.

“Nantinya mereka akan kembali mentraining para pelaku wisata di sekitar. Kami berharap, memasuki musim libur natal dan tahun baru nanti, para pelaku usaha wisata sudah mempunyai standar yang sama dalam memenuhi protokol kesehatan,” papar Muliadi di sela pembekalan ToT CHSE di Hotel Green Peak, Cisarua, Rabu 18 November 2020.

Kata dia, CHSE itu nantinya merujuk pada sertifikasi Kemenparkraf, dimana para pelaku usaha itu telah mendapatkan pengakuan terkait standar protokol kesehatan yang benar.

“CHSE ini juga berimbas nantinya kepada trust (kepercayaan) para tamu wisata nantinya. Karena, bagaimana pun para tamu ingin adanya jaminan kesehatan dari lokasi wisata,” paparnya.

Sementara, General Manager JSI Resort, Andi Bramastyo menuturkan, saat ini okupansi tingkat hunian hotel di Puncak pada masa pandemi Covid-19 sudah membaik. Ia pun yakin, pada libur panjang nanti tingkat hunian hotel akan penuh.

“Saat ini tingkat hunian hotel sudah baik. Masa memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru nanti pasti penuh,” paparnya.

Untuk itu, kata dia, CHSE ini sangat penting untuk sebagai upaya mengembalikan lagi kepercayaan para wisatawan bahwasannya lokasi-lokasi wisata di Kabupaten Bogor sudah mempunyai standar yang baru dalam pemenuhan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mendorong pelaku industri hotel dan restoran untuk melakukan sertifikasi protokol kesehatan berbasis CHSE.

Wishnutama mengatakan, saat ini sertifikasi CHSE merupakan hal yang sangat penting untuk industri pariwisata khususnya bagi pelaku usaha hotel dan restoran untuk memulihkan kepercayaan wisatawan.

Loading...
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *