Ada Ingkar Janji, Dibalik Kisah Tragis Kecelakaan di Tol Cipularang KM 97

Menu

Mode Gelap
Info Lalu Lintas Puncak Hari Ini, Sabtu 10 Desember 2022 Prediksi Inggris vs Prancis Piala Dunia 2022, Minggu 11 Desember 2022 Piala Dunia 2022 : Jadwal Maroko vs Portugal, Sabtu 10 Desember Harga dan Lokasi Perpanjang SIM di Simling Kabupaten Bogor Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 10 Desember 2022

Kisah Misteri · 21 Feb 2022 22:35 WIB

Ada Ingkar Janji, Dibalik Kisah Tragis Kecelakaan di Tol Cipularang KM 97


 Tumbal Kecelakaan di Tol Cipularang KM 97. (idntimes/Bogordaily.net) Perbesar

Tumbal Kecelakaan di Tol Cipularang KM 97. (idntimes/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Siapa yang tidak mengentahui tol Cipularang atau Purbaleunyi KM 97. Ruas tol ini terletak di sekitar Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwkarta, Jawa Barat.

Tol ini memiliki mitos yang cukup mengerikan karena dianggap sering meminta tumbal korban akibat kecelakaan. Menurut sejarah, Gunung Hejo dulu menjadi tempat bernaung binatang monyet, tetapi sekarang sudah punah.

Berdasarkan keterangan warga sekitar, keangkeran Gunung Hejo yang dianggap semakin kental seiring dengan banyaknya terjadi kecelakaan di ruas tol Cipularang terutama Km 97-90 arah Bandung.


Tercatat, beberapa nyawa dari nama-nama terkenal pun melayang sia-sia akibat kecelakaan di sepanjang tol Cipularang tersebut.

Pada juli 2011 silam, dua perwira TNI dari Pusenif Kodam III Siliwangi meninggal dunia, karena kecelakaan di ruas tersebut.

Pedangdut Saipul Jamil pun turut alami kecelakaan, hingga merenggut nyawa istrinya, Virginia Anggraeni.

Dalam kecelakaan itu, istri Saipul Jamil tewas di tempat. Sedangkan sembilan lainnya, termasuk Saipul Jamil selamat. Mobil itu berisi 10 orang dengan posisi, tiga penumpang, termasuk anak kecil di depan, tiga di tengah, dan empat di belakang.

Berikutnya, enam nyawa kaum urban asal Kebumen, Jawa Tengah, yang hendak mengadu nasib ke Jakarta, tewas seketika, akibat mobil travel yang mereka tumpangi menabrak belakang truk yang berada di depannya.

Kecelakaan yang sering terjadi di kawasan itu menimbulkan banyak spekulasi, baik yang rasional maupun irasional.

Saat pembangunan Tol Purbaleunyi di ruas KM 90 sampai KM 97 di sekitar Gunung Hejo muncul banyak cerita aneh. Di mana ada yang dipindahkan makhluk gaib saat tertidur lelap ke dekat sungai ada juga yang menangis sesenggukan saat tidur, bahkan banyak juga yang kesurupan.

Jalan tol yang melewati Gunung Hejo juga harus dibuat melingkar tidak langsung tembus menerobos Gunung Hejo.

Ada buruh bangunan tewas saat proyek itu berjalan. Cara kematian bermacam-macam, ada yang terjatuh dari kendaraan crane dan yang tiba-tiba kendaraan stum berjalan sendiri melindas satu buruh yang tiduran.

Mesin truk juga tiba-tiba bunyi sendiri padahal dalam kondisi mesin mati. Sehingga kernet dan sopir truk ketakutan. Pada satu malam, pun seorang kuli sempat melihat sosok dua bocah gundul berlari lari di atas pancang crane. Kuli itu lari dan terjatuh.

Juru Kunci Gunung Hejo, Jaya Sukaya menceritakan bahwa di Gunung Hejo, Tol Cipularang, Purwakarta terdapat Patilasan Kasuhunan Prabu Siliwangi.

Prabu Siliwangi menjadikan Gunung Hejo sebagai tempat untuk mencari wangsit.

“Saat itu Prabu Siliwangi dalam kondisi yang kalut, karena kondisi Kerajaan Pajajaran yang mulai redup. Maka Prabu Siliwangi bertapa di gunung Hejo yang dipercaya terdapat jejak “karuhun” sunda,” katanya di rumahnya, di kawasan Darangdang, Cipularang.

Ditambahkannya, tempat patilasan Prabu Siliwangi itu merupakan puser dayeuh berupa seonggok batu yang menutup lubang yang sangat dalam.

Ia mengalami kejadian mistis, pernah dijumpai penunggu gaib penunggu petilasan itu, yaitu Syekh Magelung Sakti. Perawakan Syek Magelung, tinggi besar, berbaju putih, memakai sorban dan berjenggot.

Menurutnya banyak kecelakaan terjadi di sekitar gunung Hejo. Orang menghubungkan kecelakaan dengan keberadaan gaib di gunung Hejo.

“Mungkin saja Syekh Magelung marah, karena pembuat jalan tol ingkar janji. Dulu, katanya akan dibuat musala di Gunung Hejo. Selain itu, juga akan dibuka akses jalan ke Gunung Hejo. Tapi ternyata, sampai sekarang tidak pernah ada realisasinya,” ungkapnya.

Dulu kawasan sekitar Gunung Hejo adalah ladang dan persawahan yang membentang luas. Masyarakat yang akan ritual ke Gunung Hejo hanya bisa jalan kaki melewati pematang sawah dan jalan setapak di pinggir ladang.

Ketika jalan tol mulai dibangun, masyarakat sekitar berharap akan dibuatkan jalan ke arah Gunung Hejo. Apalagi pembuat jalan tol berjanji akan membuatkan jalan dan membangun musala. Tapi jalan dan musala tak pernah terwujud.

Sekarang jika memakai sepeda motor akan kesulitan, karena jalannya terpotong, hanya bisa berhenti di pinggir tol. Kemudian jalan kaki lewat terowongan menyeberang ke Gunung Hejo. Selain itu memutar jalan yang cukup jauh.

Jika memakai mobil, peziarah bisa berhenti rest area KM 97, lalu jalan kaki ke arah KM 96.200, dan melompati pagar tol menuju gunung.

Rute jalan ke Gunung Hejo cukup terjal, sekitar satu kilometer naik ke atas. Banyak pohon-pohon besar yang akarnya menjuntai sampai bawah. Lalu, ada jembatan dari kayu untuk naik ke atas.

Jembatan kayu sepanjang sekitar dua meter ini agak rapuh, karena kayunya kena panas dan hujan. Usai melewati jembatan kayu terlihat petilasan Gunung Hejo yang berupa batu dibungkus kain putih.

Diterangkannya, pada malam Jumat, banyak orang melakukan ritual di sana. Mereka dari berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Karawang, Bandung, bahkan ada yang dari Jawa Tengah.

Ia menganjurkan ketika mulai naik ke gunung mengucapkan salam, memperkenalkan diri kepada Syekh Magelung, supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.***

 
Artikel ini telah dibaca 800 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Bikin Merinding, Nih Kisah Horor di Gedung Kesenian   

9 December 2022 - 14:33 WIB

Kisah Mistis Pendaki Gunung Kesasar ke Pasar Setan

8 December 2022 - 21:01 WIB

Kisah mistis pendaki gunung

Kisah Menyeramkan, Penampakan Koloni Pocong yang Melintas di Kali Boyong

7 December 2022 - 21:56 WIB

Pocong Kali Boyong

Misteri Gunung Kawi, Jadi Tempat Pesugihan

6 December 2022 - 16:01 WIB

Tempat Pesugihan

Mitos Gunung Semeru, Kisah Mbah Dipo hingga Ranu Kumbolo

5 December 2022 - 21:19 WIB

Ih Serem, 6 Tempat di dalam Rumah yang Disukai Makhluk Halus

3 December 2022 - 11:17 WIB

rumah makhluk halus
Trending di Kisah Misteri