Kisah Misteri Penampakan Raksasa Penunggu Batu Candi

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Kisah Misteri · 4 Mar 2022 11:21 WIB

Kisah Misteri Penampakan Raksasa Penunggu Batu Candi


 Ilustrasi tempat seram. (Freepik/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi tempat seram. (Freepik/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–Sebuah situs peninggalan Kerajaan Mataram Kuno era Mpu Sindok terkenal dikeramatkan warga sekitar. Situs bernama Srigading ini berlokasi di Malang, Jawa Timur.  Kawasan di tengah perkebunan warga ini kerap digunakan untuk bertapa dan menepi.  Konon di lokasi ini juga terdapat sebuah penunggu tak kasat mata dengan wujud pria tinggi besar.

Beberapa waktu lalu dilakukan kegiatan ekskavasi atau penggalian di Situs Srigading. Dari ekskavasi dua tahap situs yang ada di Dusun Manggis, Desa Srigading, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang ditemukan beberapa benda arkeologis bersejarah yang jadi bagian dari situs.

Salah satu yang ditemukan adalah batuan ambang relung candi. Batuan ini ditemukan pada ekskavasi tahap pertama yang berlangsung pada Senin, 7 Februari 2022 hingga Sabtu, 12 Februari 2022. Usai diekskavasi dan dipindahkan batu ini dititipkan dan disimpan sementara di salah satu rumah warga sekitar situs.

Dari sinilah kejadian janggal kerap kali terjadi di atas batuan ambang relung candi itu. Konon di batuan tersebut muncul seorang tinggi besar berwarna hitam menjulang tinggi hingga dua meter lebih. Sang makhluk yang diduga penunggu batu ini menampakkan dirinya dalam kondisi duduk bersila di atas batu itu.

Melansir Okezone.com dari penelusuran metafisika MNC Portal diduga sang makhluk tak kasat mata yang menyerupai raksasa ini adalah penunggu candi yang kerap menampakkan diri atau mengganggu orang-orang yang memiliki tujuan negatif kepada situs peninggalan Mataram Kuno era Mpu Sindok ini.

Pamong Budaya Ahli Muda Museum Singhasari, Yossi Indra Hardyanto mengatakan hal ini menjadikan alasan mengapa batuan itu akhirnya segera diamankan pihaknya untuk dibawa ke Museum Singhasari Malang. Sebab, warga menganggap hal itu begitu mengganggu saat dini hari menjelang waktu subuh tiba.

“Di dekat rumah itu ada tukang sayur yang beraktivitasnya belanjanya mulai dari jam 3 pagi. Nah dia itu sering ditampakkan makhluk ini. Enggak cuma satu orang saja yang cerita, tapi ada beberapa orang sama ceritanya,” ujar Yossi Indra.

Sisa struktur bangunan di Situs Srigading. (Antara/Vicki Febrianto/Suara.com)

Dia menjelaskan, sosok yang menampakkan diri seperti orang tinggi besar lebih dua meter lebih dengan posisi duduk di atas batu bersila. Mengingat ada desakan warga sekitar situs untuk dipindahkan, pihaknya pun mengambil langkah cepat dengan mengambil dan mengamankan sementara di Museum Singhasari.

“Warga ini ketakutan karena sering ditampakkan makhluk itu. Makanya akhirnya minta kami ngambil memindahkan, biar enggak ditampakkan lagi,” sambungnya.

Anehnya saat berada di Museum Singhasari beberapa hari sang makhluk tak kasat mata ini sama sekali tak menampakkan dirinya. Bahkan dari penelusuran selama di museum, batuan ini memang menyimpan energi. Namun energi yang dikeluarkan energi positif dan tak bersifat mengganggu.

Yossi mengakui selama berada di Museum Singhasari penunggu batu ambang relung ini seolah sudah jinak dan tak lagi mengganggu petugas penjaga dan pengunjung museum. Ia seolah nyaman dipindahkan di dalam ruangan museum.

“Ketika di museumkan benda apapun tujuannya jelas karena dijaga, dirawat, dijadikan bahan untuk ajar, anggaplah ada energi yang tinggal di situ terima karena diperlakukan baik-baik seperti manusia,” jelasnya.

Fungsi edukasi dan pembelajaran sejarah menjadikan batu ambang relung candi Situs Srigading ini kini berada di museum. Benda-benda arkeologis kuno ini tak lagi ditakutkan lagi untuk dicuri atau hilang. Namun bila  dicuri, Yossi menyebut percaya atau tidak orang-orang yang mencurinya bakal menerima sebuah malapetaka bencana seperti meninggal dunia, sakit, bahkan gila.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Cerita Angker Rumah Hantu Darmo, Pesugihan Berujung Petaka

27 November 2022 - 15:11 WIB

Angker Rumah Hantu Darmo

Deretan Arti Mimpi Melihat Tuyul, Waspada Pertanda Buruk

26 November 2022 - 23:59 WIB

Kisah Mistis Rumah Cimanggis, Bangunan Terbengkalai yang Berhantu

25 November 2022 - 21:37 WIB

mistis rumah cimanggis

Kisah Horor Pendaki Gunung Lihat Penampakan Pasukan Berwajah Pucat

24 November 2022 - 22:49 WIB

Seram! Kisah Penumpang Bus Hantu Banyuwangi-Surabaya, 5 Menit Sampai

22 November 2022 - 20:39 WIB

Bus Hantu Banyuwangi
Trending di Kisah Misteri