Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalHemat Kuota Internet! Ini Cara Pakai Google Maps Offline untuk Arus Balik...

Hemat Kuota Internet! Ini Cara Pakai Google Maps Offline untuk Arus Balik Lebaran

Bogordaily.net– Para pemudik mulai kembali ke kediaman untuk menjalani aktivitas seperti biasa setelah libur 2022. Tak sedikit para pemudik yang menggunakan mobil pribadi untuk kembali ke rumah dengan pedoman . Nah, tahukah Anda cara pakai offline?

Seperti diketahui, menjadi salah satu aplikasi penunjuk jalan dan untuk mengetahui kemacetan jalan raya. Namun, ketika sedang dalam perjalanan, seringkali jaringan internet tidak stabil bahkan tidak ada di beberapa wilayah. Oleh karenanya cara pakai offline wajib untuk diketahui.

Agar lebih mudah mengakses saat tidak ada sinyal internet, kita bisa dapat menyimpan peta pada perangkat atau kartu SD. Meski demikian, menyimpan peta secara offline bisa saja tidak tersedia di beberapa wilayah karena pembatasan kontrak, bahasa, format alamat dan lain sebagainya. Mengutip Suara.com, berikut ini cara pakai offline untuk arus balik 2022.

1. Buka aplikasi yang telah diunduh melalui App Store maupun Play Store

2. Log in ke aplikasi Google Maps menggunakan google mail (gmail) dan pastikan kamu terhubung dengan internet

3. Tekan bagian foto profil atau inisial pada kolom pencarian paling kanan di samping logo mikrofon

4. Pilih Offline Maps (Peta Offline) dan pilih lokasi yang ingin diunduh. Jika lokasi yang ingin di-download semakin luas, maka semakin banyak data yang diperlukan

5. Google Maps akan mengunduh peta lokasi sesuai yang dipilih. Untuk menghemat data internet, kamu dapat mengunduhnya dengan menggunakan sinyal WiFi.

Selain menyimpan peta offline melalui penyimpanan internal perangkat, kita juga dapat mengunduhnya melalui kartu SD sebagai preferensi penyimpanan dengan cara sebagai berikut:

1. Masukkan kartu SD pada perangkat kamu

2. Buka aplikasi Google Maps

3. Setelah itu ketuk foto profil atau inisial dan pilih peta offline

4. Pada pojok kanan atas, tekan Setelan

5. Pada bagian “preferensi penyimpanan”, pilih Perangkat lalu Kartu SD

Jika peta offline sudah diunduh, maka kita tidak perlu lagi menggunakan jaringan internet untuk menggunakannya. Hal ini juga berfungsi untuk menghindari sinyal internet lambat atau tidak ada selama perjalanan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here