Friday, 29 March 2024
HomeTravellingLibur Lebaran Tempat Wisata Penuh, Perputaran Uang Capai Rp72 Triliun

Libur Lebaran Tempat Wisata Penuh, Perputaran Uang Capai Rp72 Triliun

Bogordaily.net–  Adanya pelonggaran terkait aktivitas mudik tahun ini berdampak terhadap perputaran uang lebih besar dibandingkan periode Idulfitri selama dua tahun berturut-turut yang lalu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkap bahwa total uang yang berputar selama libur mencapai Rp72 triliun.

“Aktivitas mudik setelah 2 tahun kita menghadapi pandemi tentunya menjadi suatu peluang usaha baik di perkotaan maupun di daerah. Ada perputaran uang sekitar Rp 72 triliun,” kata Sandi dalam Weekly Press Briefing di Jakarta sebagaimana dilansir dari Suara.com, Senin 9 Mei 2022.

Dari laporan yang diterimanya, kata Sandi, semua destinasi di banyak daerah dipenuhi oleh wisatawan selama libur . Kondisi tersebut sesuai dengan target Kemenparekraf untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19.

Salah satu kenaikan kunjungan wisatawan yang paling terlihat juga terjadi di Bali. Sandi menyebut, perputaran uang yang terjadi di Bali mencapai Rp250 miliar saat masa libur .

“Pemantauan langsung di Ancol, Ragunan, TMII juga terjadi kenaikan wisatawan lokal,” imbuhnya.

Kepadatan kunjungan wisatawan tersebut masih diimbangi dengan kepatuhan protokol kesehatan. Menurut Sandi, tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan di lokasi masih terjaga dengan baik dengan rata-rata di atas 80 persen.

“Kepatuhan terhadap memakai masker terjaga di angka 84,06 persen juga jaga jarak terjaga 85 persen. Tentunya ini perlu kita jaga terus,” pesan Sandi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here