Mitos Tanggal 13 Hari Jumat

Menu

Mode Gelap
Geger! Instagram Mendiang Vanessa Angel Mendadak Hilang Tok! Lin Che Wei Resmi Jadi Tersangka Kasus Mafia Minyak Goreng Jangan Telat, Yuk Daftar Gelombang 3 TA 2022/2023 Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor! Presiden Jokowi Beri Bantuan untuk Warga dan PKL di Pasar Cibinong Asyik! Mulai Hari Ini, Jokowi Izinkan Buka Masker di Ruang Terbuka

Kisah Misteri · 12 Mei 2022 22:18 WIB

Mitos Tanggal 13 Hari Jumat Dikaitkan dengan Kesialan dan Kutukan!


 Ilustrasi malam hari. (Wallpaperbetter.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi malam hari. (Wallpaperbetter.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Besok merupakan hari Jumat yang menunjukkan tanggal 13 Mei 2022. Pada tanggal 13 hari Jumat kerap dikaitkan dengan kesialan dan kutukan. Rupanya kepercayaan ini sudah ada sejak abad ke-12.

Dilansir dari Solopos.com, angka 13 di hari Jumat yang membawa sial membuat beberapa negara, seperti di China dan Amerika Serikat menghindari angka ini, baik untuk lantai di gedung maupun nomor rumah.

Mitos angka 13 di hari Jumat ini bermula dari peristiwa Perjamuan Terakhir Yesus yang hanya dihadiri 13 orang dan semuanya meninggal dunia. Berbagai peristiwa buruk pernah terjadi di tanggal yang dianggap penuh kutukan dan kesialan seperti pembunuhan, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, para ahli numerologi berpendapat 13 sebagai angka sial lantaran letaknya tepat setelah angka 12 yang dikenal dengan angka lengap. Seperti pada bulan di kalender, zodiak, Dewa Olympus, dan pekerja Hercules yang masing-masing berjumlah 12. Anggapan para ahli itu menjadi salah satu alasan seseorang mempercayai mitos angka 13 pembawa sial.

Sementara itu terkait mitos tanggal 13 di hari Jumat itu menurut ajaran Islam tidak dibenarkan. Hal tersebut hanya takhayul yang tak dibenarkan. Bahkan menurut pendapat Abdullah bin Mas’ud, percaya mengenai kesialan adalah bentuk perbuatan syirik. Percaya akan kesialan disebut pula dengan thiyarah.

Rasulullah pernah bersabda, yang artinya, “Tidak ada penyakit menular dengan sendirinya dan tidak ada anggapan sial.”

Dalam Al-Qur’an dikisahkan Fir’aun menganggap sial karena adanya Nabi Musa. Akan tetapi, dibantah bahwa kesialan atau ketetapan buruk adalah merupakan takdir Allah.

“Kemudian apabila datang kepada mereka kemakmuran, mereka berkata: ‘Itu adalah karena (usaha) kami”. Dan jika mereka ditimpa kesusahan, mereka lemparkan sebab kesialan itu kepada Musa dan orang-orang yang besertanya. Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui,” (QS Al A’raf ayat 131).***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kisah Wanita Mantan Dukun Santet! Pernah Pelihara Dua Jin dan Bagi Tips Cara Batalkan Santet

18 Mei 2022 - 23:38 WIB

Bikin Merinding… Perempuan Ini Bekerja di Pabrik Gaib di Pulau Kalimantan

18 Mei 2022 - 23:08 WIB

pabrik gaib

Seram! Misteri Makam Keramat di Tengah Jalan Kota Ini Selalu Gagal Dipindahkan

17 Mei 2022 - 23:31 WIB

Ulasan Ratu Ilmu Hitam, Film yang Lebih Sadis dan Gore

17 Mei 2022 - 21:05 WIB

Ratu Ilmu Hitam

Ssstt… Inilah 5 Weton Wanita yang Rentan Selingkuh Saat Menikah

16 Mei 2022 - 21:09 WIB

Lebih Seram dari  KKN di Desa Penari, Ini Thread Lengkap Sewu Dino dari SimpleMan

16 Mei 2022 - 20:43 WIB

Thread Sewu Dino
Trending di Kisah Misteri